Polres Lombok Utara edukasi pencegahan COVID-19 lewat safari Ramadhan

id Polres Lombok Utara,Polda NTB,Safari Ramadhan,COVID-19

Polres Lombok Utara edukasi pencegahan COVID-19 lewat safari Ramadhan

Anggota Polres Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, memberikan imbauan kepada masyarakat yang melaksanakan shalat tarawih untuk tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. ANTARA/HO/Polres Lotara

Lombok Utara (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Lombok Utara Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat memaksimalkan kegiatan Safari Ramadhan 1442 Hijriah untuk menggencarkan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat dalam rangka mencegah penularan COVID-19.

Kapolres Lombok Utara AKBP Feri Jaya Satriansyah, di Lombok Utara, Selasa, mengatakan sosialisasi melalui Safari Ramadhan yang dilakukan oleh anggotanya sebagai salah satu bentuk pelayanan kepolisian dalam menciptakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Polisi terus berupaya memberikan keamanan dan kenyamanan bagi umat yang melaksanakan ibadah puasa dan memastikan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Itu adalah target utama kami," katanya.

Dalam Safari Ramadhan di Masjid Al-Ikhlas, Dusun Lekok Bengkok, Desa Segara Katon, Gangga, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Lombok Utara Iptu Mohammad Sarbini, mengajak masyarakat bersama menciptakan suasana aman dan nyaman setiap saat.

"Yang yang lebih penting adalah bagaimana saat bulan suci Ramadhan ini, masyarakat yang menjalankan ibadah puasa tetap sehat dengan mengutamakan protokol kesehatan," ujarnya.

Di hadapan tokoh agama, tokoh masyarakat dan para jamaah, Sarbini juga menyampaikan amanat Kapolres Lombok Utara agar para tokoh di tingkat desa turut serta memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aksi balap liar dan membunyikan petasan yang bisa mengganggu pelaksanaan ibadah shalat tarawih.

"Selain bisa membahayakan bagi diri sendiri, balap liar dan peledakan petasan juga bisa membahayakan keselamatan orang lain," ujar Sarbini.

Upaya polisi menggandeng tokoh masyarakat untuk menciptakan kamtibmas sebagai salah satu cara Tiga Pilar, yakni Polri, TNI dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, dalam menyukseskan Program Kampung Sehat yang digagas oleh Kapolda NTB Irjen Pol Mohamad Iqbal.

Program Kampung Sehat tersebut bertujuan memberikan keseimbangan dalam tatanan masyarakat. Di mana masyarakat bisa melakukan aktivitas normal seperti bisa, namun diharapkan tetap mengikuti standar protokol kesehatan yang tujuannya adalah untuk memutus penyebaran COVID-19.

"Kami akan tetap konsisten untuk memberikan imbauan kepada masyarakat, terlebih saat bulan suci Ramadhan tahun ini," ucap Sarbini.

Polres Lombok Utara juga melakukan kegiatan patroli  selama Ramadhan 1442 Hijriah. Masyarakat yang berkerumun diimbau untuk pulang ke rumah masing-masing, dan diberikan teguran apabila tidak menggunakan masker.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar