RSUD Mataram memastikan pasokan stok vaksin COVID-19 aman

id vaksin,rsud ,mataram

RSUD Mataram memastikan pasokan stok vaksin COVID-19 aman

Ilustrasi: pelayanan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memastikan pasokan stok vaksin COVID-19 aman hingga beberapa pekan ke depan, karenanya masyarakat, terutama lansia, bisa datang setiap hari kerja untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

"Data terakhir pada Rabu (5/5) sisa stok vaksin kita sebanyak 49 vial atau 490 dosis yang dapat digunakan untuk 490 sasaran vaksin. Jika sudah berkurang 20 vial kami langsung mengajukan permintaan tambahan ke Dinas Kesehatan Provinsi NTB," kata Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kota Mataram dr Tris Cahyoso di Mataram, Minggu.

Menurutnya, untuk kebutuhan stok vaksin saat ini tidak menjadi kendala, sebab pihak provinsi siap memberikan dukungan vaksin sesuai dengan kebutuhan, terutama untuk percepatan vaksinasi lansia.

Oleh karena itu, sesuai dengan instruksi dari Dinas Kesehatan Kota Mataram sejak awal April 2020, pelayanan vaksinasi COVID-19 diberikan khusus bagi lansia dan guru.

"Karenanya, kami di RSUD juga hanya melayani vaksinasi lansia, sedangkan untuk pekerja publik dan masyarakat umum belum bisa dilayani kecuali untuk vaksin dosis kedua," katanya.

Terkait dengan kebijakan percepatan vaksinasi lansia tersebut, tingkat kunjungan pelayanan vaksinasi COVID-19 di RSUD Mataram menurun dari 100-150 per hari menjadi 20-30 orang per hari.

"Layanan 20-30 orang per hari itu, merupakan layanan lansia untuk vaksin COVID-19 dosis pertama," ujarnya.

Oleh karena itu, sebagai upaya percepatan cakupan vaksinasi lansia dengan target 26.011 orang tersebut, RSUD juga memberikan dukungan untuk kegiatan pelayanan vaksin malam dienam kecamatan.

"Alhamdulillah, kalau layanan malam kita bisa bantu 100-150 lansia," ujarnya.

Berdasarkan data terakhir dari Dinas Kesehatan Kota Mataram, cakupan vaksinasi COVID-19 lansia di Kota Mataram mencapai sekitar 44 persen dari target 26.011 lansia.