Harga kebutuhan pokok jelang lebaran di Mataram stabil

id bahan,pokok,mataram

Harga kebutuhan pokok jelang lebaran di Mataram stabil

Dokumen: Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman (baju batik biru) bersama jajaran Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Mataram memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Mandalika Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Kamis (6/5-2021). (Foto: ANTARA/Kominfo Mataram)

Mataram (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah, harga sejumlah kebutuhan pokok di Mataram masih stabil dan stok aman hingga Idul Adha tahun ini.

"Alhamdulillah, sampai H-2 Lebaran 2021, berbagai harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional relatif stabil, begitu juga dengan stoknya aman," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Sri Wahyunida di Mataram, Selasa.

Menurutnya, dari informasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Mataram bahkan menyebutkan, stok kebutuhan pokok seperti beras, gula, telur dan lainnya masih mencukupi bahkan hingga Idul Adha 1442 Hijriah, pada 20 Juli 2021.

"Informasi serupa juga disampaikan oleh sejumlah kepala pasar, yang menyebutkan stok kebutuhan pokok bisa mencukupi sampai mendekati Idul Adha 1442 Hijriah," katanya.

Sementara terkait harga yang masih stabil, Wahyunida mencontohkan, seperti harga beras juga masih stabil yakni Rp8.500 per kilogram untuk kualitas medium dan Rp10.000 per kilogram untuk kualitas premium. Telur ayam kampung Rp2.000 per butir, sedangkan telur ayam broiler Rp1.400 per butir.

Sedangkan untuk harga daging sapi murni juga harganya masih normal yakni Rp125 ribu per kilogram. Masih stabilnya harga daging sapi ini dipicu karena daya beli masyarakat kurang.

"Biasanya, mulai H-3 lebaran harga daging sapi naik hingga mencapai Rp150.000 per kilogram. Namun sekarang atau H-2 lebaran, harganya masih stabil karena permintaan berkurang dan bukan karena stok menipis," katanya.

Tetapi, lanjutnya, untuk daging ayam broiler naik sedikit dari Rp37.000 per kilogram, menjadi Rp42.000 per kilogram. Kenaikan itu, masih ditoleransi karena permintaan meningkat.

Sementara untuk harga cabai yang sebelumnya tembus Rp150.000 per kilogram, sekarang sudah turun pada angka Rp50.000 per kilogram, begitu juga dengan harga cabai merah besar dari Rp30.000 per kilogram menjadi Rp28.000 per kilogram.

Untuk bawang putih dan bawang merah harganya masih stabil yakni Rp23.000  per kilogram bawang merah dan Rp24.000 per kilogram untuk bawang putih, sedangkan tomat Rp10.000  per kilogram.


 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar