DKP Mataram menyiapkan bantuan nelayan Rp1,6 miliar

id bantuan,nelayan,mataram

DKP Mataram menyiapkan bantuan nelayan Rp1,6 miliar

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram Hj Baiq Sujihartini. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan anggaran bantuan untuk nelayan sebesar Rp1,6 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2021.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram Hj Baiq Sujihartini di Mataram, Senin, mengatakan dana sebesar Rp1,6 miliar itu terbagi menjadi dua yakni Rp800 juta untuk bantuan sarana tangkap dan Rp800 juta untuk bantuan kelompok olahan hasil laut.

"Untuk pendistribusian bantuan itu, saat ini kami masih melakukan verifikasi terhadap calon sasaran kelompok nelayan dan olahan hasil laut," katanya.

Menurutnya, sasaran pemberian bantuan tersebut diusulkan dari bawah melalui 12 orang penyuluh perikanan. Hal itu bertujuan agar bantuan bisa tepat sasaran dan sesuai kebutuhan nelayan.

"Selain itu, usulan sasaran penerima bantuan dari bawah agar tidak ada kelompok nelayan yang mendapat bantuan serupa dua kali," katanya.

Dikatakan, saat ini terdapat sebanyak 54 kelompok pengolahan hasil laut berupa kelompok pemindangan, pembuatan abon ikan, bakso dan kerupuk ikan.

"Bantuan biasanya kita berikan berupa peralatan untuk mendukung peningkatan kualitas dan produksi. Kelompok pengolahan hasil laut ini rata-rata dilakoni oleh istri nelayan," katanya.

Sementara untuk bantuan sarana tangkap bagi kelompok nelayan disiapkan berupa, jaring dan inverter.

"Harapannya, dengan bantuan tersebut nelayan bisa meningkatkan hasil tangkapannya," ujarnya.