Roland Garros akan jadi saksi duel ke-58 Djokovic vs Nadal

id novak djokovic,rafael nadal,french open,roland garros,Tenis

Roland Garros akan jadi saksi duel ke-58 Djokovic vs Nadal

Arsip - Petenis Spanyol Rafael Nadal memenangi Italia Open setelah mengalahkan petenis Serbia Novak Djokovic di Roma, Minggu (19/5/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Matteo Ciambelli/pras.

Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic menyiapkan pertemuan ke-58 dengan Rafael Nadal pada Rabu setelah ia mencapai semifinal Grand Slam untuk ke-40 kalinya.

Petenis peringkat satu dunia itu mengalahkan petenis Italia Matteo Berrettini 6-3, 6-2, 6-7 (5/7), 7-5 demi mengamankan tiket semifinal di Paris untuk ke-11 kalinya.

Nadal, juara 13 kali di turnamen lapangan tanah liat tersebut, mengalahkan petenis Argentina Diego Schwartzman 6-3, 4-6, 6-4, 6-0 untuk lolos ke semifinal ke-14 kalinya.

Pertandingan Djokovic harus ditunda 20 menit karena melebihi jam malam setempat pukul 23:00 saat kedudukan 3-2 di set keempat untuk memberi kesempatan 5.000 penonton meninggalkan lapangan Philippe Chatrier.

Djokovic pada akhirnya mengklaim laga itu lewat match point ketiga setelah ia dibuat kesal dan menendang papan sponsor di pinggir lapangan karena kehilangan dua match point pertamanya.

"Itu merupakan peluapan emosi yang saya simpan di dalam diri saya," kata Djokovic yang melayangkan 44 pukulan winner dan menyelamatkan tiga break point yang ia dapati.

"Setelah semua fan pergi dan jeda sebentar tidak mudah menemukan ritme. Ini pertandingan yang sangat sulit bagi saya."

Semifinal pada Jumat akan menjadi pertemuan kedelapan antara Djokovic dan Nadal di Roland Garros di mana sang petenis Spanyol telah memegang keunggulan 7-1.

Itu termasuk final tahun lalu tapi Djokovic tetap menjadi satu dari dua petenis yang telah mengalahkan Nadal di turnamen tersebut.

Djokovic, pemegang 18 titel major dan juara French Open 2016, sedang berambisi menjadi petenis pertama dalam lebih dari 50 tahun terakhir yang memenangi empat Grand Slam sebanyak dua kali.

Nadal, sementara itu, memiliki peluang meraih titel major ke-21 di pertandingan final pada Minggu, demi memecahkan rekor sepanjang masa Roger Federer.

Untuk pertama kalinya fan diizinkan menyaksikan langsung pertandingan sore di turnamen tahun ini berkat pelonggaran pembatasan terkait Covid-19.

Nadal telah mengalahkan Schartzman untuk ke-11 kalinya dalam 12 pertemuan terakhir, meski mendapati rekor kemenangan 36 set secara beruntunnya terhenti.

Petenis peringkat tiga dunia itu kini memegang rekor 105 kemenangan di French Open dengan hanya dua kekalahan ketika ia menuju semifinal Grand Slam ke-35nya.

"Selalu luar biasa bagi saya kembali ke semifinal sekali lagi," kata Nadal.

Schwartzman juga kalah dari Nadal di semifinal 2020 di Paris, demikian AFP.