ITDC melatih mekanik sepeda motor 18 pemuda dari KEK Mandalika

id ITDC,KEK Mandalika,The Mandalika,MotoGP Mandalika,Lombok,NTB,Pelatihan Mekanik Motor

ITDC melatih mekanik sepeda motor 18 pemuda dari KEK Mandalika

Sejumlah pemuda sedang membuat replika sepeda motor dalam rangka pelatihan mekanik sepeda motor bagi 18 pemuda terpilih dari enam desa penyangga The Mandalika, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/ITDC).

Mataram (ANTARA) - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), memulai pelatihan mekanik sepeda motor bagi 18 pemuda terpilih dari enam desa penyangga The Mandalika, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Vice President Corporate Secretary ITDC Miranti Nasti Rendranti, mengatakan pelatihan diselenggarakan ITDC bekerjasama dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB, tidak lain untuk menyiapkan tenaga mekanik sepeda motor yang terampil dan profesional serta siap pakai, bahkan dapat membuka usaha perbengkelan motor.

"18 peserta merupakan warga dari enam desa penyangga The Mandalika. Yakni Desa Mertak, Desa Rembitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana dan Desa Sengkol," ujarnya dalam keterangan tertulis di terima wartawan di Mataram, Kamis.

Ia menjelaskan, 18 pemuda ini terpilih dari 37 pendaftar setelah mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi dan tes tulis dan wawancara pada 19 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi berlangsung ketat ditunjukkan dengan hasil skor seleksi yang kompetitif antar peserta.

"18 pemuda terpilih tersebut merupakan pemuda dengan hasil skor terbaik dan dinyatakan siap untuk mengikuti pelatihan di kelas selama delapan hari hingga akhir Juni ini," terangnya.

Pelatihan akan diisi dengan pembelajaran tatap muka mengenai teori dasar ilmu mekanik antara lain dasar mesin dan sistem bahan bakar, pengetahuan dasar karbulator, sistem kelistrikan, sistem perawatan dan penyetelan pemeliharaan baterai mesin 4 langkah, periksa dan ganti side stand matic, dan praktik. Pelatihan berlangsung dari 23-30 Juni 2021.

Materi pembelajaran tersebut disampaikan oleh tenaga pengajar yakni Alan Vikhta, ST dan Sultan Hartawan, ST selaku Technical Instructor dari Astra Motor NTB dan Ir Lindrawaty Angkawijaya, MM selaku Widyaiswara Dinas Koperasi UKM NTB.

"Kami ucapkan selamat kepada para pemuda terpilih yang telah lulus seleksi tes tulis dan wawancara yang diselenggarakan beberapa waktu lalu dan berhak mengikuti pelatihan mekanik ini. Penyaringan berlangsung kompetitif ditunjukkan dengan hasil tes para pemuda yang sangat baik. Kami juga berterima kasih atas antusiasme para pendaftar lain yang belum berkesempatan untuk mengikuti pelatihan mekanik kali ini. Jangan putus asa. Kami yakin akan ada peluang lain yang terbuka yang bisa dijadikan kesempatan belajar bagi para pemuda di desa penyangga The Mandalika," ucap Miranti.

Miranti menambahkan, pemberian pelatihan kepada para pemuda lulusan SMA/SMK dan sederajat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan yang nantinya bisa bermanfaat saat para pemuda mulai memasuki dunia kerja.

"Pelatihan ini merupakan bentuk implementasi dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Kementerian BUMN mengenai pendidikan yang berkualitas yang tertuang dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN 2021. Kami harap pelatihan ini bisa benar-benar menambah wawasan dan keterampilan para peserta sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menjadi tenaga terampil mekanik sepeda motor sejalan dengan pengembangan DPSP The Mandalika yang akan menyajikan perhelatan event balap motor kelas dunia," jelasnya.

Pasca selesainya pelatihan di kelas ini, para peserta akan disaring kembali sebanyak 12 orang untuk mengikuti kegiatan magang di lima dealer bengkel AHASS di Lombok Tengah, selama tiga bulan. Di lokasi magang nantinya, para peserta diharapkan mampu mempraktikkan keterampilan dalam hal reparasi sepeda motor dan teknologi perbengkelan.

Salah satu peserta pelatihan mekanik Sadarianto dari Desa Sukadana, menyampaikan antusiasmenya dalam mengikuti pelatihan ini.

"Alhamdulillah bangga dan bahagia telah terpilih menjadi salah satu peserta untuk mengikuti pelatihan yang digelar oleh ITDC. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan besar yang telah diberikan melalui wadah pembelajaran tatap muka. Saya juga optimis, dengan mengikuti pelatihan ini, pengetahuan saya mengenai mekanik akan bertambah dan tentunya bisa semakin mengasah keterampilan kedepan," ucapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, H Wirajaya Kusuma, mengapresiasi apa yang dilakukan ITDC.

"Alhamdulillah pelatihan mekanik bagi 18 orang pemuda terpilih di Desa Penyangga The Mandalika. Kami mengapresiasi ITDC yang telah bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM NTB untuk menyelenggarakan pelatihan ini. Kepada peserta yang mengikuti pelatihan kalian mampu menjadi agen perubahan untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan aman ketika wisatawan berkunjung ke The Mandalika," katanya.