PASUKAN GADDAFI GEMPUR MISRATA, DELAPAN TEWAS

id

     Tunis/Berlin (ANTARA) - Pasukan Muammar Gaddafi menembakkan roket-roket, Jumat, dalam hari kedua serangan terhadap pangkalan pemberontak Libya di Misrata yang terkepung.

    

     Seorang juru bicara kelompok pemberontak mengatakan delapan orang tewas dan sembilan lainnya cedera dalam serangan itu. Pertempuran telah mencapai tengah kota Misrata.

     Juru bicara itu, Abdelsalam, mengatakan pasukan pro-Gaddafi menembaki pusat kota itu dan jalan menuju pelabuhan, satu tempat para warga sipil Misrata yang terperangkap dan pintu masuk utama bagi badan-badan bantuan internasional pada hari itu.

     "Hari ini sangat sulit... pasukan Gaddafi memasuki Jalan Tripoli dan jalan Nakl al Theqeel," katanya melalui telepon, mengacu pada jalan utama Misrata, lokasi pertempuran seru dalam beberapa hari belakangan ini, dan jalan menuju pelabuhan itu.

     Para saksi mata mengaku melihat tentara Gaddafi berjalan kaki di tengah kota itu hari ini, kecuali para penembak gelap yang biasanya tinggal di tank-tank mereka dan kendaraan-kendaraan lapis baja," kata juru bicara itu seperti dikutip Reuters.

     Satu helikopter pengintai milik pemerintah terbang di kota itu, katanya, kendati di tengah zona larangan terbang yang disahkan Dewan Keamanan PBB dan diawasi pesawat-pesawat tempur NATO.

     Seorang juru bicara pemberontak lainnya, Ghassan, mengutip para rekannya mengatakan pasukan Gaddafi menggunakan amunisi fosfor putih dan bom-bom tandan.

     Sulit untuk memverifikasi secara independen dari Libya barat karena wartawan dilarang memberitakan secara bebas. (*)