NTB akan membangun gedung perpustakaan modern

id NTB,Gedung Perpustakaan Modern

NTB akan membangun gedung perpustakaan modern

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (DPKP) Nusa Tenggara Barat (NTB) Julmansyah. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (DPKP) Nusa Tenggara Barat berencana membangun gedung perpustakaan modern pada 2022 mendatang.

Kepala DPKP NTB, Julmansyah mengatakan, pembangunan gedung baru ini karena gedung perpustakaan saat ini dinilainya sudah tidak layak atau representatif lagi. Selain usia gedung yang sudah terlalu tua, kapasitas dalam menampung koleksi buku juga sudah tidak mencukupi.

"Saat ini kita memiliki 110 ribu koleksi buku dan gedung ini sudah tidak layak lagi untuk menampung," ujarnya di Mataram, Sabtu.

Mantan Kabid Pengelolaan Hutan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB ini, menjelaskan rencana pembangunan gedung perpustakaan modern tersebut menelan anggaran Rp15 miliar dari Pemerintah pusat melalui Perpusnas RI. Sebelumnya DPKP NTB telah mengusulkan gedung perpustakaan itu melalui dana alokasi khusus (DAK).

"Itulah kenapa kemudian kita berusaha mendapatkan satu unit gedung perpustakaan baru. Rencana dibangun tahun depan," terangnya.

Menurutnya, sudah saatnya NTB memiliki gedung perpustakaan yang representatif, lebih menyenangkan, memudahkan pemustaka bisa menikmati perpustakaan.

"Sehingga butuh perpustakaan yang lebih menyenangkan, instragramable. Agar orang lebih suka datang ke perpustakaan," katanya.