KPP Pratama Mataram Barat luncurkan Pojok UMKM

id KPP Pratama Mataram Barat,Pojok UMKM,UMKM Bangkit

KPP Pratama Mataram Barat luncurkan Pojok UMKM

Tampilan Pojok UMKM di Kantor KPP Pratama Mataram Barat. (ANTARA/HO-KPP)

Mataram (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat meluncurkan Pojok Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh pelaku UMKM untuk mempromosikan berbagai jenis produknya.

Peluncuran Pojok UMKM tersebut dilakukan oleh Kepala KPP Pratama Mataram Barat Devi Sonya Adrince, dan disaksikan oleh Ketua Lombok Woman Preneur Club, serta para pelaku usaha mikro kecil dan menegah di Kota Mataram.

Kegiatan tersebut sebagai rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang digelar pada Selasa 17 Agustus 2021.

Devi menjelaskan adapun latar belakang pembentukan Pojok UMKM adalah untuk mengimplementasikan komitmen dalam mendukung program pemerintah pada pemberdayaan para pengusaha mikro, kecil dan menengah dan mendukung program Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada kegiatan layanan pengembangan usaha (business development services).

"Program BDS adalah salah satu strategi pembinaan dan pengawasan kepada wajib pajak UMKM dalam membina dan mendorong pengembangan usahanya secara berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran (awareness), keterikatan (engagement), dan kepatuhan (compliance) terhadap pajak," katanya.

Ia mengatakan Pojok UMKM diharapkan memberi ruang bagi UMKM-UMKM untuk memperkenalkan produk-produknya. Pada tahap awal sebanyak 12 UKM dalam naungan Lombok Womanpreneur Club hadir dalam Pojok UMKM tersebut dan direncanakan akan berganti produk tiap bulan.

Hal ini menjadi ajang bagi promosi kepada masyarakat dan diharapkan bisa menjadi katalisator bagi kemajuan UMKM di wilayah mataram, sehingga keberadaan UMKM bisa menjadi lokomotif pengerak perekonomian.

*UMKM Bangkit Indonesia Maju*

Pada masa pandemi ini, kata Devi, pelaku usaha melakukan promosi melalui media sosial. Dengan adanya kegiatan ini, media promosi untuk produk jadi lebih beragam, menjangkau dan dikenal secara online maupun offline, karena masih banyak masyarakat yang tidak terjangkau media sosial.

"Kami sebagai Pimpinan KPP Pratama Mataram Barat di sini tentu merasa berbahagia dan berterima kasih atas dukungan dan partisipasi dari semua pihak khususnya pelaku usaha UMKM yang diwadahi oleh Lombok Woman Preneur Club, sehingga pembentukan Pojok UMKM ini dapat terselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan dengan diresmikannya Pojok UMKM ini, dukungan dari KPP Pratama Mataram Barat dapat berjalan secara berkesinambungan menjadi lebih efektif, terfokus dan terarah menuju UMKM Bangkit Indonesia Maju," ucap Devi.