Panitia deklarasikan pilkades damai di Lombok Utara

id Pilkades Tanjung,Pilkades Damai,Lombok Utara

Panitia deklarasikan pilkades damai di Lombok Utara

Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2021 di Kabupaten Lombok Utara, Panitia Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, mendeklarasikan Pilkades damai.

Kami akan menjaga netralitas
Tanjung, Lombok Utara (ANTARA) - Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2021 di Kabupaten Lombok Utara, Panitia Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, mendeklarasikan Pilkades damai. 

Adapun penyataan sikap yang disampaikan oleh semua Panitia Pilkades yakni siap mewujudkan Pilkades yang aman dan damai dengan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai panitia Pemilihan Kepala Desa dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Selain itu, panitia juga berkomitmen menjalankan tugas, akan bekerja dengan sunggu-sungguh, jujur dan cermat demi suksesnya pemilihan Kepala Desa, tegaknya demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan negara dari pada kepentingan pribadi atau golongan.

"Kami akan menjaga netralitas dan memelihara kesatuan, persatuan, ketertiban dan keamanan serta penegakan protokol kesehatan selama penyelenggaraan Pilkades," ujar Raden Prawangsa Jayaninggrat bersama panitia lainnya saat membacakan ikrar deklarasi damai di Sekretariat Panitia Pilkades Desa Sokong Kecamata , Jum'at (20/8).

Sebelumnya, Bupati Lombok Utara (Lotara) yang diwakili oleh Kepala Dinas DP2KB Pemdes Lotara H. Kholidi mengatakan, bahwa pihaknya meminta kepada panitia Pilkades agar tetap menjaga dan menjunjung tinggi Netralitas. Sehingga Pilkades Tahun inj bisa berjalan aman dan damai sesuai yang diharapkan. 

"Kalau panitia tidak netral, akan berimbas terhadap terjadinya kerawanan kamtibmas," ujarnya. 

Ia juga menekankan kepada panitia, dalam pelaksaan proses tahapan Pilkades juga hendaknya tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 yakni pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan. Selain itu semua pihak hatus tetap menjaga nama baik Lotara dalam pelaksanaan Pilkades serentak.

"Netralitas panitia harus dijaga dan prokes covid-19 harus dikedepankan. Mari kita sama-sama menciptakan Pilkades secara serentak ini dengan damai tanpa adanya gejolak," harapnya. 

Kemudian Kepala Bidang Pemdes mengatakan, dirinya berharap agar masing-masing panitia tetap menjunjung tinggi Netralitas dan berhati-hati dalam melaksanakan tugas sesuai dengan regulasi yang ada. 

"Kunci mewujudkan Pilkades damai itu tentunya panitia harus menjalankan tufoksi masing-masing dengan baik,” ujarnya. 

Ia juga mengimbau semua pihak tetap bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dengan baik jelang Pilkades maupun pasca pemilihan. Karena siapapun yang terpilih itulah yang terbaik bagi masyarakat dan kemajuan pembangunan di Desa. 

"Koordinasi dengan aparat baik bhabinsa dan Bhabinkamtibmas harus terus dilakukan,” pungkasnya.