Perpustakaan Nasional berencana membangun gedung perpustakaan Mandalika

id Perpustakaan Nasional,NTB,Bangun Gedung Perpustakaan,Mandalika,KEK Mandalika,Sirkuit Mandalika

Perpustakaan Nasional berencana membangun gedung perpustakaan Mandalika

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando (kanan) bersilaturahmi dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah (kiri) di Kota Mataram, Rabu (25/8/2021). (ANTARA/Diskominfotik NTB).

Mataram (ANTARA) - Perpustakaan Nasional Indonesia berencana membangun gedung perpustakaan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Ini untuk memperkuat literasi masyarakat, sekaligus orang yang berwisata di tempat tersebut," ujar Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando di Mataram, Rabu.

Menurutnya, karena Mandalika sudah menjadi Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN), harus dilengkapi juga dengan fasilitas pendukung lain. Salah satunya keberadaan fasilitas perpustakaan.

"Kami sudah mengunjungi Mandalika, destinasi indah," ucap pria kelahiran Sulawesi Selatan ini.



Kedatangan Kepala Perpustakaan Nasional tersebut dalam rangkaian kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, dengan tema "Penguatan Peran Sisi Hulu Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat" di NTB.

Selain itu juga akan dirangkaikan dengan Pengukuhan Bunda Literasi NTB serta penandatanganan nota kesepakatan Perpustakaan Nasional dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Perguruan Tinggi di Provinsi NTB.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah, menyambut baik dan mendorong gagasan dan rencana Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia, untuk membangun perpustakaan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah.

"Kami sangat mendukung, apalagi ada Sirkuit MotoGP disana," ujarnya.

Ditambah lagi, Mandalika akan menjadi magnet, yang mendatangkan semua orang di Indonesia bahkan dunia untuk menyaksikan MotoGP dunia dan eksotiknya pantai dan alam di wilayah selatan pulau Lombok tersebut.

Tentu selain berwisata, wisatawan dapat menambah literasi di perpustakaan begitu bagi masyarakat setempat.

"Harus jadi etalase, semoga rencana ini cepat terealisasi," katanya didampingi Ketua PKK Hj Niken Saptarini Widyawati, Sekda NTB HL Gita Ariadi dan Kadis Perpusda dan Kearsipan NTB Julmansyah.*