Pemkot targetkan 70 persen kekebalan kelompok tercapai September 2021

id covid,mataram ,vaksin

Pemkot targetkan 70 persen kekebalan kelompok tercapai September 2021

Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Kota Mataram I Nyoman Swandiasa. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menargetkan 70 persen kekebalan kelompok (herd immunity) warga Mataram akan tercapai akhir September 2021.

"Dengan melihat cakupan vaksinasi COVID-19 di Kota Mataram saat ini sudah mencapai 60,15 persen, kami optimistis 'herd immunity' bisa terealisasi akhir bulan ini (September-red)," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa, di Mataram, Kamis.

Dikatakan, dasar pemerintah kota optimistis dapat mencapai 70 persen kekebalan kelompok tersebut, karena sejauh ini pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk semua kalangan hampir tidak ada kendala.

Pasalnya, untuk fasilitas layanan vaksinasi di Mataram sudah mencukupi, termasuk sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini tenaga kesehatan juga sangat siap. Termasuk masyarakat, sejauh ini animo dan kesadaran untuk vaksin COVID-19 sudah cukup baik.

"Jadi selama dosis vaksin tersedia, kita bisa memberikan layanan vaksinasi secara maksimal. Jadi kita harapkan stok vaksin ini bisa tetap tersedia," ujar Swandisa yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram.

Di sisi lain, lanjutnya, untuk mempercepat cakupan vaksinasi COVID-19, Satgas COVID-19 Kota Mataram juga aktif mencari peluang kerja sama dengan berbagai pihak termasuk pihak swasta dan TNI/Polri.

Salah satunya seperti yang disampaikan Asisten I Setda Kota Mataram, tambahnya, kerja sama vaksinasi COVID-19 akan dilakukan dengan BCA Peduli dengan menyiapkan sekitar 5.000 dosis.

"Harapan kita semakin banyak pihak swasta yang dapat bekerja sama memberikan layanan vaksinasi gratis bagi warga untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari COVID-19," katanya.