Vaksinasi merdeka mendukung percepatan target cakupan di Mataram

id vaksin,merdeka,mataram

Vaksinasi merdeka mendukung percepatan target cakupan di Mataram

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan kegiatan vaksinasi merdeka yang digencarkan pemerintah saat ini mendukung percepatan target cakupan vaksinasi COVID-19 di kota itu.

"Melalui kegiatan vaksinasi merdeka, kita makin optimistis 'herd immunity' atau kekebalan kelompok di Mataram bisa tercapai bulan ini (September-red)," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa di Mataram, Senin.

Dikatakan, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mencatat cakupan vaksinasi bagi warga Kota Mataram sudah mencapai 63,86 persen, dari target 70 persen.

Karenanya, kegiatan vaksinasi merdeka yang dilaksanakan menjadi salah satu upaya intervensi dan percepatan yang dilakukan oleh pemerintah untuk melindungi setiap masyarakat dari COVID-19.

"Informasinya, kuota untuk NTB per hari menyasar 6.000 orang. Kuota itu tentu cukup tinggi sehingga perlu dukungan agar masyarakat bisa ikut ambil bagian terhadap kegiatan vaksinasi merdeka tersebut," katanya.

Lebih jauh Swandiasa mengatakan, sejauh ini pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk semua kalangan di Mataram hampir tidak ada kendala.

Pasalnya, untuk fasilitas layanan vaksinasi di Mataram sudah mencukupi, termasuk sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini tenaga kesehatan juga sangat siap.

Bahkan masyarakat, sejauh ini animo dan kesadaran untuk vaksin COVID-19 sudah cukup baik.

"Jadi selama dosis vaksin tersedia, kita bisa memberikan layanan vaksinasi secara maksimal. Karena itu kita harapkan stok vaksin ini bisa tetap tersedia," ujarnya.