Catut nama DPD RI untuk minta sumbangan, pria di Lombok Tengah diamankan

id Catut Nama,DPD RI, TGHIbnu HalilSAgMPd I,Praya Tengah

Catut nama DPD RI untuk minta sumbangan, pria di Lombok Tengah diamankan

Pelaku

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Seorang warga Dusun Jongkor, Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, berinisial MY diamankan karena diduga meminta sumbangan beras dengan mengatasnamakan TGH Ibnu Halil SAg MPd I tanpa seizin yang bersangkutan.

Kapolsek Janapria, Iptu Muhdar, Jumat, mengatakan terduga pelaku meminta diantar oleh tukang ojek menuju TKP.

"Sesampainya di TKP, rumah  Halim Perdana Kusuma, di Tibu Sosok desa Loang Maka, terduga pelaku langsung melaksanakan aksinya. Namun baru melancarkan aksi dibeberapa rumah, yang bersangkutan langsung diamankan oleh warga karena dianggap telah mencoreng nama baik dari TGH," jelas Kapolsek.

Dijelaskan bahwa saksi atas nama Muhamad Yakup merasa keberatan karena yang bersangkutan meminta sumbangan beras kepada warga dengan mencatut nama TGH Ibnu Halil yang juga merupakan DPD RI.

"Tiap rumah dimintai beras satu gelas. Hingga yang bersangkutan diamankan, jumlah beras yang diperoleh dari hasil sumbangan sebanyak 30 kg," terangnya.

Berdasarkan hasil keterangan dari terduga pelaku, bahwa tindakannya didasari oleh kurang mampu dan alasan lain beras tersebut akan digunakan untuk makan. Namun hasil keterangan lisan dari saksi ke-2 bahwa tindakannya sudah sering kali dilakukan. 

"Saat keluarga terduga pelaku mendatangi Polsek Janapria, mereka menyatakan bahwa terduga pelaku mengalami gangguan kejiwaan," ujarnya.