Gubernur NTB menjanjikan bonus Rp300 juta untuk peraih emas PON Papua

id NTB,Kontingen PON NTB,PON XX Papua,Gubernur Zulkieflimansyah,Wagub Sitti Rohmi Djalilah

Gubernur NTB menjanjikan bonus Rp300 juta untuk peraih emas PON Papua

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah (kiri) didampingi Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah (kanan) saat melepas kontingen PON NTB di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB di Mataram, Rabu (15/9/2021). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah menjanjikan bonus sebesar Rp300 juta bagi para atlit yang mampu meraih medali emas di PON XX Papua.

Hal ini disampaikan Gubernur NTB saat melepas kontingen PON NTB untuk berlaga di PON XX Papua pada 2-15 Oktober 2021, bertempat di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB di Mataram, Rabu sore.

"Untuk atlet peraih medali emas saya siapkan bonus Rp300 juta," ujar Zulkieflimansyah disambut tepuk tangan para atlet.

Gubernur berharap bonus tersebut dapat memotivasi para atlit untuk berprestasi di PON Papua. Oleh karena itu, kontingen NTB harus membuktikan mampu meraih 17 medali emas sesuai dengan target yang telah ditetapkan, meski berlatih di tengah keterbatasan sarana dan prasarana. Namun atlet tidak boleh berkecil hati dan mampu membuktikan bisa membanggakan nama daerah di kancah nasional.

"Provinsi kita tidak besar dan tidak kaya tapi semua yang berlaga harus mempunyai kebanggaan bagi masyarakat NTB," ucapnya.

Menurut gubernur, NTB sudah mampu membuktikan mencetak atlet-atlet yang berprestasi mulai level nasional hingga tingkat dunia.

"Kita ingin bukan hanya Lalu Zohri tapi seluruh atlet NTB bisa menghadirkan senyum kebanggaan bagi NTB," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, kontingen NTB yang bertanding di Papua merupakan pahlawan daerah yang nantinya mengangkat nama NTB di pentas nasional.

Oleh karena itu, untuk bisa berprestasi ia berharap seluruh atlet dapat memperhatikan semua ketentuan yang sudah diberikan pelatih dan official. Terlebih PON Papua berlangsung di tengah pandemi COVID-19 dan isu keamanan.

"Jadi betul-betul masalah kesehatan dan keamanan harus menjadi perhatian semuanya," tegas Wagub.

Disamping itu, lanjut Wagub NTB, dirinya optimis 106 atlet NTB yang bertanding di PON Papua memiliki mental juara dan energi yang kuat untuk mengharumkan nama NTB.

"Tetap jaga mental juara dan jaga energi selama berada di Papua. Jangan lupa berdoa dan kami juga mendoakan agar para atlet bisa memberikan yang terbaik bagi NTB," katanya.

Sementara Ketua Kontingen PON XX NTB Mori Hanafi mengatakan bagi atlit peraih medali perak atau perunggu besaran bonusnya belum ditentukan.

Meski demikian Mori menyatakan, para atlit peraih medali perak dan perunggu tetap akan mendapatkan bonus meski besarannya belum ditentukan.

"Untuk peraih medali perak dan perunggu belum ditentukan, nanti akan menyesuaikan besarannya seperti apa," kata Mori.

Kontingen PON XX NTB menargetkan perolehan 17 medali emas. Dari 32 cabang olahraga yang diperlombakan NTB mengikuti 19 cabang olahraga dengan mengirimkan 106 atlit.