Disnakertrans NTB mengajak pekerja siapkan diri isi peluang WSBK

id NTB,Disnakertrans NTB,WSBK,KEK Mandalika

Disnakertrans NTB mengajak pekerja siapkan diri isi peluang WSBK

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, I Gede Putu Aryadi usai membuka Pelatihan Peningkatan Produktivitas Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Angkatan VIII tahun 2021 di Aula Kantor Disnakertrans Kabupaten Lombok Tengah, Senin (4/10/2021). (ANTARA/Nur Imansyah).

Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nusa Tenggara Barat mengajak pekerja lokal di wilayah itu untuk mempersiapkan diri mengisi peluang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, terlebih menjelang dekatnya pelaksanaan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, I Gede Putu Aryadi saat membuka Pelatihan Peningkatan Produktivitas Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Angkatan VIII tahun 2021 di Aula Kantor Disnakertrans Kabupaten Lombok Tengah, Senin menjelaskan NTB saat ini menjadi salah satu pusat perhatian dunia yang diawali dengan pergelaran WSBK di Mandalika. Pada ajang itu, untuk kru saja dibutuhkan sekitar 1.000 kamar yang akan menginap di sekitar wilayah Mandalika, sedangkan di luar kru, seperti promotor, supporter dan penonton akan menginap di hotel-hotel yang tersebar di seluruh NTB.

Untuk itu, katanya, ajang ini harus disambut oleh para pekerja dan pelaku usaha dengan menyiapkan diri sebaik mungkin, sehingga bisa mengisi berbagai peluang emas yang terbuka di Mandalika, mulai dari kesempatan kerja hingga penyediaan berbagai produk lokal yang berkualitas dan memiliki standar mutu skala internasional.

"Untuk bisa menghasilkan produk yang berkualitas, maka para pekerja dan pelaku usaha harus terus meng-upgrade skill dan manajemen usahanya agar mampu menjadi aktor terdepan mengisi peluang pasar yang tersedia," ujarnya.

Menurut Gde, daya saing usaha lokal pada dasarnya sangat ditentukan oleh kualitas pekerjanya. Bukan saja harus memiliki keterampilan dan menguasai teknologi membuat produk yang berkualitas dan inovatif, sehingga produk tersebut mampu menguasai pasar lokal dan nasional, bahkan ekspor, tetapi juga harus menguasai manajemen usaha, branding dan pemasaran, sehingga pekerja dan pengusaha memiliki pola pikir yang sama untuk kemajuan usaha.

Sebaliknya, kepada para pengusaha, mantan Irbansus pada Inspektorat NTB ini meminta agar menempatkan pekerjanya sebagai mitra dan memberdayakan mereka dengan baik, sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

"Tulang punggung perekonomiam kita sekarang adalah UMKM. Jadi, kita harus mempersiapkan produk-produk lokal agar memiliki kualitas ekspor yang dapat menarik perhatian wisatawan untuk membeli produk lokal NTB," katanya.

Gede berpesan kepada pelaku usaha UMKM agar ikut berpartisipasi dalam ajang bergengsi di KEK Mandalika.

"Produk UMKM yang dimiliki oleh NTB harus bisa mencukupi kebutuhan dalam ajang internasional tersebut, jangan sampai produk dari daerah lain yang mengisi dan kita menjadi penonton di negeri sendiri," ucapnya.

Mantan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB ini memaparkan ada empat hal yang harus dikuasai pekerja agar usaha ekonomi produktif bisa berkembang, bertahan dan mendapatkan keuntungan.

Pertama, harus memiliki keterampilan dalam mengolah usaha. Kedua, manajemen usaha. Ketiga, pengemasan, yaitu bagaimana produk itu disajikan dengan baik. Keempat, pemasaran, yakni bagaimana produk tersebut akan dipasarkan.

Ia menyatakan, pemerintah melalui Pergub Nomor 43 tahun 2020 mengeluarkan program Bela Beli Produk Lokal untuk membantu pelaku usaha lokal dalam pemasaran produk pasar modern dan hotel-hotel harus membeli produk lokal setempat.

"Kemasannya harus terlihat menarik dan sesuai dengan standar. Misalnya untuk produk yang akan diekspor harus mencantumkan komposisi bahan dan berbahasa inggris," ujarnya.

Gde juga menjelaskan di tahun ini pihaknya juga melakukan program pendampingan dalam bentuk pelatihan peningkatan produktivitas di Kabupaten Lombok Tengah sebanyak dua paket, di mana setiap paket pelatihan diikuti oleh 25 peserta dari 10 UMKM.

Sementara itu, Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Lombok Tengah R Mulyantoro Barsap berpesan kepada seluruh peserta pelatihan untuk menyerap dan menerapkan ilmu manajemen usaha yang diberikan oleh instruktur.

"Apalagi dengan adanya ajang internasional yang akan hadir di daerah kita, maka dibutuhkan tenaga kerja terampil dalam bidangnya," ujarnya.

Mulyantoro mengatakan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan dan semangat berusaha tidak hanya bagi pekerja maupun pengelola usaha.

"Saya berharap kegiatan pelatihan ini menjadi program rutin yang dilaksanakan setiap tahun, sehingga semakin banyak UKM yang mendapat tambahan ilmu dan nantinya bisa meningkatkan hasil produksi yang berefek pada penyerapan jumlah tenaga kerja," katanya.