Lewat tarian tema disabilitas, SMPN 2 Mataram meraih dua emas even FL2SN

id FL2SN 2021,SMPN 2 Mataram,Disabilitas

Lewat tarian tema disabilitas, SMPN 2 Mataram meraih dua emas even FL2SN

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Mataram, Nusa Tenggara Barat, meraih dua emas dalam kategori cabang festival kreativitas tari dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) jenjang SMP tahun 2021. (Istimewa)

Mataram (ANTARA) - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Mataram, Nusa Tenggara Barat, meraih dua emas kategori cabang festival kreativitas tari dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) jenjang SMP tahun 2021.

Dua emas itu untuk penghargaan Penyaji Terbaik serta Penataan Rias dan Busana Terbaik.

"Kami berhasil meraih dua emas setelah mengikuti perjalanan panjang seleksi dari tingkat kota, provinsi sampai nasional," kata koreografer tari tim SMPN 2 Mataram dalam ajang FL2SN, Lalu Suryadi Mulawarman kepada Antara di Mataram, Sabtu (9/10).

Penari FLS2N SMPN 2 Mataram itu sebanyak lima orang, yakni, Narita Ayu Swadeshi, Ayu Laksmi Juliantari Putri, Ni Putu Werdiyastuti, Aliyya Andarin Prasetya, dan Ni Luh Putu Gek Mirah Widhiantari.

Koreografer, Lalu Suryadi Mulawarman, penata rias dan busana, Sella Ayu Aprilina, dan penata musik, Sukri.

Ia menyebutkan tarian yang ditampilkan dalam ajang tersebut merupakan tarian kreasi dengan tetap mengedepankan tradisi. Temanya mengangkat soal penyandang disabilitas yang ingin menjadi penari terkenal.

Eksplorasi untuk even tersebut benar-benar dilakukan dari konsep gerak, kostum, sampai properti termasuk dalam video. "Kami mengirimkan video tarian itu ke panitia FL2SN, hingga akhirnya berhasil meraih juara," tandasnya.

Ditambahkan, semua penari yang ikut FLS2N tersebut bernaung di Sanggar Saksak Dance Production Mataram.

Di dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menyebutkan seleksi FL2SN tingkat nasional itu diikuti oleh 167 karya terdiri dari peserta Festival Kreativitas Tari sebanyak 34 karya, kreativitas musik tradisional 33 karya, lomba gitar duet 32 karya, lomba menyanyi solo 34 karya dan lomba desain poster 34 karya.