Kapolres Lombok Tengah memonitoring percepatan vaksinasi

id Covid Lombok Tengah

Kapolres Lombok Tengah memonitoring percepatan vaksinasi

Warga saat melakukan vaksinasi di Lombok Tengah. ANTARA/HO-Dinkes Lombok Tengah

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kalpores Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat AKBP Hery Indra Cahyono turun langsung melakukan pengecekan dan monitoring percepatan pelayanan vaksinasi di semua Polsek Jajaran di wilayah setempat.

Hal itu dilakukan untuk mendorong percepatan vaksinasi tahap pertama maupun tahap dua jelang even World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika Internasiona, The Mandalika Lombok Tengah tanggal 19-21 November 2021 mendatang.

"Semua anggota di bawah jajaran Polres Lombok Tengah harus selalu siap dalam melaksanakan percepatan vaksinasi, mulai dari Kapolsek sampai Babinkamtibmas selaku ujung tombak Polri," kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono saat mengecek dan monitoring anggota dalam kegiatan percepatan vaksinasi di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Selasa.

Selain melakukan evaluasi dan monitoring, kapolres juga menyasar para Bhabinkamtibmas Desa Aik Berik dan tim tenaga kesehatan (Nakes) serta masyarakat yang divaksin sebagai upaya percepatan target vaksinasi.

"Bila ada Kapolsek, Babinkamtibmas atau anggota lainnya yang setengah-setengah dalam melaksanakan kegiatan percepatan vaksinasi, saya tidak segan untuk mengambil tindakan tegas," katanya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, dr Muzakir Langkir mengatakan, dalam rangka mendukung even World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika percepatan pelayanan vaksinasi di Lombok Tengah terus genjot.

"Pelayan vaksinasi terus ditingkatkan setiap hari supaya mencapai target," katanya.

Bahkan, untuk mempercepat capaian vaksinasi, Tim percepatan pelayan vaksinasi dari TNI dan Polri serta pemerintah daerah telah mengadakan vaksinasi berhadiah kepada masyarakat maupun tim vaksinator.

“ Capaian vaksinasi setiap harinya terus meningkat,” katanya.

Dikatakan, berdasarkan data sementara jumlah warga Lombok Tengah yang telah diberikan vaksin untuk dosis pertama mencapai 577. 440 orang atau 75 persen. Sedangkan untuk vaksinasi tahap dua baru mencapai 331.571 orang atau 43 persen, serta untuk vaksinasi tahap tiga kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) sebanyak 1927 atau 67 persen.

"Semoga target vaksinasi tahap dua ini bisa mencapai target yakni 70 persen," katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat untuk sama menyukseskan program vaksinasi tersebut dalam rangka ikhtiar mencegah penyebaran virus COVID-19 dan mensukseskan even WSBK di Sirkuit Mandalika.

"Kasus pasien positif COVID-19 di Lombok Tengah saat ini Nol. Namun, protokol kesehatan jangan kendor, tetap disiplin pakai masker dan jaga jarak," katanya