Pertamina Mandalika sirkuit pertama dibangun di destinasi wisata

id mgpa,sirkuit mandalika,pertamina mandalika,kek mandalika,pariwisata ntb

Pertamina Mandalika sirkuit pertama dibangun di destinasi wisata

Foto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

Jakarta (ANTARA) - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengungkapkan Sirkuit Pertamina Mandalika menjadi sirkuit internasional pertama di dunia yang dibangun di daerah pariwisata.

"Membangun sirkuit ini tentunya telah diperkirakan dan diperhitungkan secara matang, kenapa harus di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena kita tahu bahwa wilayah Mandalika merupakan dengan destinasi wisata alam yang sangat cantik dan ini mungkin bisa jadi Sirkuit Pertamina Mandalika merupakan sirkuit pertama di dunia yang dibangun di daerah pariwisata," ujar Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA Happy Harinto dalam acara ANTARA Ngobrol Bareng di Jakarta, Rabu.

Destinasi wisata Mandalika, kata dia merupakan wisata alam, bukan destinasi wisata buatan manusia. Destinasi wisata Mandalika menyuguhkan keindahan panorama alam yang luar biasa. Selain itu pembangunan Sirkuit Pertamina Mandalika ini juga terbilang cepat, hampir 1 tahun 3 bulan. 

"Kami akan mencoba bersinergi terus dengan investor dan pemerintah daerah serta para pemangku kepentingan lainnya agar kawasan Mandalika, terutama di area Sirkuit Pertamina Mandalika dan sekitarnya bisa bagus dan dijadikan tujuan wisata," kata Happy Harinto.

MGPA sudah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB terkait sektor pariwisatanya.

"Dampak positif yang kami harapkan kepada sektor pariwisata, efek berganda harus kuat kepada mereka. Boleh dibilang dengan membangun sirkuit ini, keberpihakan kepada pariwisata di Mandalika dan Provinsi NTB juga sangat tinggi," katanya. 

Sebelumnya Wakil Menteri (Wamen) BUMN I Pahala Nugraha Mansury berharap kehadiran sirkuit internasional Mandalika bisa menyelenggarakan ajang bergengsi tahunan kelas dunia serta gelaran internasional lainnya guna mendorong keberlanjutan pariwisata di KEK Mandalika, Lombok, dan sekitarnya.

Ia mengharapkan gelaran World Superbike dan MotoGP pada November 2021 hingga Maret 2022 bisa mendorong berbagai ajang internasional lain diselenggarakan di KEK Mandalika.

Seperti diketahui bahwa ajang MotoGP setiap penyelenggaraan grand prix-nya ditonton oleh lebih dari 400 juta orang di dunia. Jadi diharapkan melalui ajang balapan tersebut juga bisa mendorong masyarakat dunia untuk bisa mengetahui bahwa banyak sekali destinasi wisata di Indonesia