Karang Taruna Mataram mendukung percepatan vaksinasi

id karang,taruna,dinsos

Karang Taruna Mataram mendukung percepatan vaksinasi

Kepala Dinas Sosial Kota Mataram Hj Baiq Asnayati (depan) menyampaikan sambutan pembukaan kegiatan program peningkatan kemampuan potensi sumber kesejahteraan sosial lembaga masyarakat melalui kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) Kota Mataram, berlangsung di Muara Jangkuk, Kecamatan Ampenan. Senin (8/11-2021) (Foto: ANTARA/Karang Taruna)

Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengatakan puluhan anggota Karang Taruna Mataram siap mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 melalui kegiatan vaksinasi massal dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna 2021.

"Kegiatan vaksinasi massal menjadi wujud kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) di tengah pandemi dan sesuai dengan tema Hari Pahlawan tahun ini, yakni 'Pahlawan Inspirasi dan Karang Taruna' merupakan pahlawan masa kini," kata Kepala Dinas Sosial Kota Mataram Hj Baiq Asnayati di Mataram, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya seusai mengikuti pembukaan kegiatan program peningkatan kemampuan potensi sumber kesejahteraan sosial lembaga masyarakat melalui kegiatan BBKT Kota Mataram yang berlangsung di Muara Jangkuk, Kecamatan Ampenan.

Dikatakan, kegiatan vaksinasi massal akan dilaksanakan anggota Karang Taruna bekerja sama dengan dinas kesehatan dan TNI/Polri selama dua hari dengan prioritas sasaran kalangan lanjut usia (lansia), di pusatkan di Muara Jangkuk.

Untuk memberikan semangat kepada masyarakat yang mau divaksinasi, katanya, dinas sosial telah menyiapkan 300 paket sembako atau sesuai dengan target sasaran vaksinasi yang akan dilaksanakan selama kegiatan BBKT.

"Paket sembako itu tidak diberikan saat warga datang vaksin, tetapi mereka akan diantarkan langsung ke rumah masing-masing," katanya.

Selain menyiapkan paket sembako, ujar Asnayati, dinsos juga akan memberikan masker dan vitamin melalui anggota Karang Taruna.

"Harapannya, melalui kegiatan ini dapat membantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Kota Mataram," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi NTB menyebutkan, cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama untuk warga Kota Mataram per Tanggal 7 November 2021 sudah mencapai 96,13 persen atau 303.382 orang, dan 67,52 persen atau 213.084 orang untuk dosis kedua.

Pemkot Mataram terus menggencarkan cakupan vaksinasi, sebab cakupan vaksinasi kini menjadi penilaian utama kabupaten/kota se Indonesia.