MGPA: Pembukaan peti boks motor WSBK bagian pemeriksaan

id WSBK

MGPA: Pembukaan peti boks motor WSBK bagian pemeriksaan

F/Logistik WSBK Mandalika (Sumber MGPA)

Yang penting saat ini balapan bisa berlangsung sukses dan aman
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan pembukaan peti boks motor World Superbike Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang viral di media sosial merupakan bagian dari pemeriksaan yang harus dilakukan setelah logistik datang.

"Itu bagian dari pemeriksaan 'custome clearance' yang harus dilakukan dan itu legal," kata Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA Happy K Harinto dalam keterangan tertulisnya di Praya, Lombok Tengah, Kamis.

Ia mengatakan, semua barang yang dibawa Dorna Sport ke Indonesia pada ajang Asia Talent Cup (ATC) dan WSBK di Sirkuit Mandalika harus melalui pemeriksaan sebelum diizinkan digunakan untuk balapan atau lainnya.

Untuk pemeriksaan harus dibuka oleh pemilik barang dan atau dibuka oleh pihak forwarder yang mengurus impor/ekspor barang tersebut dengan izin dari pemilik yaitu Dorna.

"Saat pemeriksaan dilakukan, peti boks motor dibuka oleh forwader disaksikan oleh Tim Dorna dan custome clearance," katanya.

Dikatakan, pemeriksaan barang yang masuk ke Indonesia itu dilakukan untuk memastikan bahwa barang yang dibawa masuk itu sesuai dengan master list.

Hasil pemeriksaan ini akan dijadikan dasar pemeriksaan atas barang yang akan dibawa keluar  dari Indonesia setelah ajang balapan selesai digelar.

"Apakah sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang masuk," katanya.

Sangat disayangkan disaat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar dan memviralkan vidio tersebut dengan isi berita yang tidak  sesuai dengan fakta saat pemeriksaan.

"Yang bersangkutan bukan karyawan MGPA," katanya.

Happy menegaskan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur, ajang balapan ini sangat penting yang membawa nama negara ke dunia, sehingga pihaknya berusaha tertib dalam melaksanakannya.

"Gregori Lavila, Executuve Director Dorna WSBK memahami yang terjadi di lapangan dan mengerti sepenuhnya hal ini akibat antusiasme yang tinggi dalam menyambut WSBK di Mandalika. Yang penting saat ini balapan bisa berlangsung sukses dan aman," katanya.