Polisi: Pohon di pinggir area Sirkuit Mandalika ditebang

id Sirkuit Mandalika

Polisi: Pohon di pinggir area Sirkuit Mandalika ditebang

Foto/Pohon yang ditebang di area luar Sirkuit Mandalika (Sumber Polres Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Sejumlah pohon yang ada di pinggir pagar Sirkuit Pertamanina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, telah ditebang oleh aparat untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan menjelang Wolrd Superbike tanggal 19-21 November 2021.

Foto-foto penonton dari atas pohon dan bukit untuk menyaksikan balapan pada ajang Asian Talent Cup (IATC) viral di Media Sosial (Medsos).

Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono mengatakan, penebangan pohon di atas tanah Haji Sulame warga Kuta tersebut sudah mendapatkan izin pada hari Minggu, 14 November 2021.

"Pohon itu telah ditebang atas izin pemilik tanah," kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono di Praya, Senin. 

Penebangan pohon itu dilakukan sebagai upaya mengamankan arena Sirkuit Mandalika yang saat ini menjadi lokasi WSBK, serta sebagai upaya mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak diinginkan menjelang Wolrd Superbike.

"Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat balapan WSBK," katanya. 

Dalam proses penebangan disaksikan oleh masyarakat sekitarnya dan proses penebangan dilakukan oleh beberapa orang pekerja, dengan menggunakan alat senso.

"Ini adalah salah satu bentuk respons Polres Lombok Tengah dalam upaya pengamanan dan menjaga keselamatan masyarakat," katanya. 

Penebangan pohon tersebut bukan berarti tidak memberikan akses kepada masyarakat untuk menonton langsung balapan, namun semata-mata untuk menjaga keselamatan masyarakat atau penonton dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh, jangan sekali kali dibiasakan dengan makna yang berbeda.

"Ini untuk keselamatan semua," katanya. 

Seperti diketahui, Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional, Lombok Tengah itu menjadi lokasi balapan ajang Idemitsu Asian Talent Cup yang telah digelar dan WSBK tanggal 19-21 November 2021 mendatang.

Selaian itu juga, berdasarkan kalender yang telah dirilis Dorna Sport, Sirkuit Mandalika Lombok akan menjadi tuan rumah balap MotoGP 2022 mendatang.