Tim KSP tinjau peningkatan ekonomi UMKM di NTB dampak WSBK Mandalika

id UMKM

Tim KSP tinjau peningkatan ekonomi UMKM di NTB dampak WSBK Mandalika

Foto/Tim KSP saat melakukan kunjungan kerja di Lombok Tengah (16/11/2021)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Tim dari Kantor Staf Presiden (KSP) meninjau langsung perkembangan peningkatan UMKM di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat atas program yang telah direalisasi pemerintah pusat dalam mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika

"Ini untuk mendukung ajang Wolrd Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika dan menggali lebih jauh peningkatan ekonomi masyarakat," kata Ketua Tim KSP Nuraini saat melakukan kunjungan kerja di Lombok Tengah di Praya, Selasa. 

Kedatangan tim KSP itu diterima oleh Sekda Lombok Tengah, L. Firman Wijaya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Tengah, Ikhsan, Kepala Dinas BP3AP2KB Lombok Tengah di ruang kerja Sekda setempat.

"Ini juga untuk melihat kebijakan pemerintah daerah dengan pemerintah pusat dalam menggerakkan ekonomi masyarakat atau para pelaku UMKM di Lombok Tengah," katanya. 

Ia mengatakan, kunjungan ini juga dalam rangka mendukung ajang WSBK di Sirkuit Mandalika, sehingga pihaknya juga akan turun langsung kepada para pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi lebih jauh dampak dari destinasi pariwisata strategis nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. 

"Kami mau menggali peningkatan ekonomi masyarakat dampak dari WSBK maupun program dari pemerintah pusat,"  katanya.

Apabila ada hambatan dalam peningkatan ekonomi masyarakat, itu akan menjadi pekerjaan rumah bagi KSP untuk diselaraskan dengan program dari kementerian lainnya. 

"Kalau ada hambatan, kita akan coba selaraskan dengan program dari Kementerian lainnya," katanya. 

Sekda Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya mengatakan, bahwa banyak program yang telah direalisasikan oleh Pemerintah Pusat dalam pemulihan ekonomi masyarakat dampak COVID-19. Selain itu, beberapa program dari Kementerian PUPR, Pariwisata, Perdagangan, Koperasi dan lainnya telah diberikan kepada masyarakat untuk mendukung pengembangan pariwisata KEK Mandalika.

"WSBK ini luar biasa, ini menjadi titik kembangkitan ekonomi dan pariwisata di NTB," katanya. 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Tengah, Ikhsan mengatakan, dengan adanya ajang WSBK ini merupakan batu loncatan peningkatan ekonomi UMKM di Lombok Tengah. Dimana penonton yang akan datang itu sebanyak 25 ribu orang dan pada ajang ini MGPA selaku promotor balapan telah memberikan ruang kepada para pelaku UMKM. 

"Ada stand yang diberikan secara gratis bagi UMKM di Lombok Tengah," katanya.