Mataram menerima DAK Rp15 miliar untuk jalan

id jalan,mataram,dikerjakan

Mataram menerima DAK Rp15 miliar untuk jalan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Miftahurrahman. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menerima bantuan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp15 miliar untuk pemeliharaan dan peningkatan kualitas jalan dan sanitasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Miftahurrahman di Mataram, Kamis, mengatakan, DAK Rp15 miliar itu dibagi dua yakni Rp10 miliar untuk pemeliharaan dan peningkatan jalan dan Rp5 miliar untuk pengerjaan sanitasi.

"Peruntukan DAK yang kita kelola ini sudah ditentukan sesuai usulan perencanaan," katanya.

Untuk pemeliharaan dan peningkatan kualitas jalan akan dikerjakan Jalan Baiturahman dan pemeliharaan jalan menuju Dasan Sari yang saat ini mengalami kerusakan.

"Kalau di Jalan Baiturahman Karang Pule itu untuk peningkatan kuliatas jalan," katanya.

Besaran DAK untuk jalan yang diterima tahun 2022 sebesar Rp10 miliar meningkat walaupun kenaikannya tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp8 miliar.

Untuk jalan yang memerlukan pemeliharaan dan peningkatan, cukup banyak jalan yang perlu pemeliharaan. Seluruhnya sudah masuk pendataan dan terverifikasi pemerintah pusat.

Namun oleh sistem ditentukan prioritas yang dikerjakan terlebih dahulu dan disetujui pemerintah pusat sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada.

"Saat pengusulan progam kita pakai sistem dan itu sudah masuk berbagai kriteria. Ini disesuaikan dengan anggaran dan data kita sudah masuk semua. Jadi yang dua itu dikerjakan dari DAK tahun depan," katanya.

Sementara, untuk pengerjaan sanitasi akan dikerjakan berbasis masyarakat yakni Sanitisasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM).

"Pengerjaan kita lakukan dengan sistem padat karya. Direncanakan oleh masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan dipelihara oleh masyarakat juga," katanya.