Polda NTB kerahkan personel SAR bantu tangani dampak banjir Lombok

id banjir lombok,polda ntb,personel SAR,evakuasi warga

Polda NTB kerahkan personel SAR bantu tangani dampak banjir Lombok

Personel kepolisian menggunakan perahu karet membantu proses evakuasi warga di wilayah Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (6/12/2021). (ANTARA/HO-Humas Polda NTB)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mengerahkan personel "search and rescue" (SAR) atau pencarian dan pertolongan untuk membantu dalam menangani dampak banjir yang diduga akibat hujan lebat sejak Minggu (5/12) malam, di sejumlah wilayah Pulau Lombok.

"Jadi dari beberapa wilayah yang terendam banjir, kita sudah berangkatkan personel bantuan SAR kita dari Birmob, dari Polair, dari Samapta," kata Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni di Mataram, Senin.

Bahkan untuk personel kewilayahan setingkat kabupaten/kota juga turut dikerahkan untuk menangani dampak banjir. Beberapa wilayah yang terdampak cukup berat diantaranya di Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Timur.

Peralatan SAR dan evakuasi korban turut dikerahkan. Pihak kepolisian dikatakan Imam berjibaku dengan TNI, Basarnas, BPBD, instansi pemerintah dan relawan dari pihak warga.

"Perahu karet dan peralatan evakuasi lainnya sudah kita siapkan di lapangan. Posko tenda (evakuasi warga), dapur lapangan, apabila diperlukan, akan kita siapkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Imam mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada di tengah prediksi cuaca buruk akhir tahun ini. Imam juga meminta kerja sama masyarakat untuk menginformasikan apabila membutuhkan bantuan evakuasi.

"Kita siap bantu secepat mungkin, jadi mohon segera informasikan," ucap dia.