RB Leipzig sukses menaklukkan Manchester City 2-1

id Manchester City,RB Leipzig,Liga Champions

RB Leipzig sukses menaklukkan Manchester City 2-1

Skuad RB Leipzig merayakan gol pembuka yang dicetak Dominik Szoboszlai (tengah) dalam pertandingan Grup A Liga Champions lawan Manchester City pada 8 Desember 2021. ANTARA/AFP/RONNY HARTMANN

Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig sukses menaklukkan Manchester City dengan skor 2-1 dalam pertandingan terakhir Grup A Liga Champions di Red Bull Arena pada Rabu dini hari WIB, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dua gol Leipzig diciptakan oleh Domink Szoboszlai dan Andre Silva. Sementara City hanya bisa membalas melalui Riyad Mahrez.

Kekalahan ini tidak mengubah posisi City sebagai juara grup. Mereka hanya unggul satu poin dari PSG yang duduk di urutan kedua.

Sedangkan kemenangan ini penting bagi Leipzig, yang berhasil memastikan satu tiket ke Liga Europa.

City menurunkan skuad pelapis dalam pertandingan kali ini.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan tim tuan rumah yang langsung mengambil inisiatif serangan.

Pada menit ke-15, Leipzig mendapatkan peluang emas pertamanya. Bola muntah dari Ake disambut sepakan Laimer dari sudut sempit yang memaksa Steffen membuat penyelamatan penting.

City langsung membalas pada menit ke-17. Umpan silang Mahrez gagal disambut Gundogan, tetapi bola muntah langsung disambut sepakan De Bruyne. Sayang, usaha gelandang timnas Belgia itu masih belum menemui sasaran.

Leipzig akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-24. Umpan terobosan Laimer membelah pertahanan City dan diterima Szoboszlai yang berhasil menaklukkan Steffen. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Gol tersebut membuat Leipzig meningkatkan tempo serangan, tetapi City masih bisa mengatasi situasi.

Tidak ada gol tambahan di sisa babak pertama. The Citizens masih kesulitan membongkar pertahanan Leipzig.

Selepas jeda, City mulai memainkan tempo tinggi dan berusaha mengontrol pertandingan.

Leipzig sulit untuk menguasai bola hingga menit ke-60. City mendominasi penguasaan bola, tetapi sulit membangun serangan.

Pada menit ke-71, Leipzig justru mencetak gol kedua. Forsberg mengirim umpan tarik yang disambut dengan eksekusi tenang Andre Silva di dalam kotak penalti. Leipzig unggul 2-0.

City akhirnya bisa mencetak satu gol balasan pada menit ke-76. Umpan lambung Zhinchenko dari sisi kiri mengarah ke tiang jauh yang disundul Mahrez dengan bebas. Kedudukan menjadi 2-1.

Di sisa 10 menit terakhir, skuad asuhan Pep Guardiola mencoba untuk menyamakan kedudukan. Namun, Leipzig dapat memertahankan keunggulan mereka dengan baik.

Wasit pun meniup peluit panjang dan Leipzig berhasil meraih kemenangan 2-1 atas City.

Susunan pemain:

RB Leipzig (4-2-3-1): Peter Gulacsi; Nordi Mukiele (79' Benjamin Henrichs), Lukas Klostermann (46' Mohamed Simakan), Josko Gvardiol, Angelino; Kevin Kampl, Konrad Laimer (63' Tyler Adams); Christopher Nkunku, Dominik Szoboszlai, Emil Forsberg (79' Brian Brobbey); Andre Silva (86' Ilaix Moriba).

Manchester City (4-3-3): Zack Steffen; Kyle Walker, John Stones, Nathan Ake (87' Ruben Dias), Oleksandr Zinchenko; Ilkay Gundogan, Fernandinho, Kevin De Bruyne (87' Cole Palmer); Riyad Mahrez, Jack Grealish, Phil Foden (46' Raheem Sterling).