Dinkes: Stok vaksin COVID-19 di Lombok Tengah aman

id Vaksinasi

Dinkes: Stok vaksin COVID-19 di Lombok Tengah aman

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Lombok Tengah (ANTARA/Humas pemkab Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menyatakan stok vaksin COVID-19 yang ada saat ini masih aman dalam mendukung percepatan vaksinasi anak maupun vaksinasi dosis kedua.

"Stock vaksin kita 109.302 dosis," kata Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Suardi di Praya, Jumat.

Untuk itulah, saat ini percepatan vaksinasi anak usia 6-11 Tahun mulai digelar di semua sekolah dasar di Lombok Tengah, sehingga target vaksinasi itu bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

"Kalau kurang, nanti kita akan ajukan lagi tambahan vaksin," katanya.

Berdasarkan data sementara, capaian vaksinasi dosis pertama di Lombok Timur sebanyak 78 persen, dosis kedua 60 persen dan dosis ketiga 72 persen.

"Sedangkan untuk vaksinasi anak masih baru dilakukan, datanya belum ada, nanti saya sampaikan. Jumlah target vaksinasi anak itu 141 ribu," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah mengumpulkan para kepala sekolah dalam rangka mempercepat capai target vaksinasi anak usia 6-11 Tahun.

"Percepatan vaksinasi COVID-19 ini adalah tugas kita bersama termasuk semua kepala sekolah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat," kata Bupati Lombok Tengah, HL Pathul Bahri.

Ia mengatakan jadwal vaksinasi anak di semua sekolah telah disampaikan, sehingga ketika datang petugas vaksinasi dari puskesmas supaya dibantu untuk mempersiapkan peserta vaksinasi.

"Berikan edukasi kepada wali murid maupun peserta didik, bahwa vaksin ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sama dengan imunisasi," katanya.*