Ablie Jallow membuat debutan Gambia menang 1-0 atas Mauritania

id Piala Afrika 2021, Timnas Gambia,Timnas Mauritania

Ablie Jallow membuat debutan Gambia menang 1-0 atas Mauritania

Pemain Gambia Ablie Jallow merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim ketika Gambia menang 1-0 atas Mauritania dalam pertandingan Grup F Piala Afrika 2021 di Stadion Limbe Omnisport , Limbe, Kamerun, 12 Januari 2022. (REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)

Jakarta (ANTARA) - Ablie Jallow mencetak gol pada menit kesepuluh yang membawa debutan Gambia melakukan awal mengesankan dalam putaran final Piala Afrika dengan mengalahkan Mauritania 1-0 dalam pertandingan Grup F di Stadion Limbe, Kamerun, Rabu.

Jallow melepaskan tendangan kaki kiri dari tepi kotak penalti untuk membawa Gambia unggul ketika laga memasuki menit ke-0 menit pertandingan pertama mereka pada putaran final turnamen sebenua Afrika itu.

Peluang bagus juga tercipta pada babak kedua untuk negara kecil di Afrika barat yang menjadi salah satu dari dua debutan dalam turnamen yang mempertemukan 24 tim di Kamerun tersebut.

Gambia pun memuncaki klasemen grup bersama Mali yang juga menang 1-0 atas Tunisia dalam laga penuh kontroversi.

Jallow memanfaatkan setpiece cepat yang diambil Musa Barrow untuk mengoyak pertahanan Mauritania guna membawa tim muda ini mencatat awal yang sempurna.

Pertandingan berat melawan Mali dan Tunisia nanti membuat hasil laga Rabu ini menjadi penting bagi Gambia untuk bisa maju ke babak selanjutnya.

Dua tim teratas dari enam grup, ditambah empat tim peringkat ketiga terbaik, berhak maju ke babak 16 besar.

Setelah turun minum, Sulayman Marreh dan bek Sampdoria Omar Colley sama-sama gagal mencetak gol dari sundulan yang bagus yang memanfaatkan bola mati.

Pada menit-menit terakhir, kiper Mauritania Babacar Diop melakukan dua penyelamatan gemilang masing-masing ketika menggagalkan upaya Dembo Darboe dan kemudian Barrow.

Mauritania berusaha meminta penalti ketika waktu tersisa 15 menit tetapi ditolak oleh VAR.

Pertandingan Gambia berikutnya adalah melawan Mali di Limbe pada Minggu yang segera diikuti laga Mauritania melawan Tunisia di stadion yang sama, demikian laporan Reuters.