GUBERNUR RESMIKAN GEDUNG FK UNRAM BANTUAN NEWMONT

id


          Mataram, 27/7 (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi meresmikan penggunaan gedung Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang dibangun dengan dana bantuan dari PT Newmont Nusa Tenggara yang bersumber dari dana pertanggungjawaban sosial perusahaan (CSR).

         Peresmian penggunaan gedung Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mataram (Unram) tahap kedua yang digelar di Mataram, Rabu itu dihadiri Rektor Unram Prof. Sunarpi, Ph.D dan Senior Manager Hubungan Eksternal PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) Arif Perdanaksumah serta Kepala Badang Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTB H. Rosyadi Sayuti.

         Zainul menilai gedung FK Unram yang dibangun dari sebuah kemitraan antara pemerintah daerah dan PTNNT tersebut tidak hanya untuk kemaslahatan Unram, tetapi juga untuk masyarakat NTB.

         "Gedung ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dan PTNNT yang fokus membangun dunia kesehatan dan pendidikan di NTB. Pembangunan di bidang pendidikan merupakan investasi jangka panjang," ujarnya.

         Ia menyakini jika sektor kesehatan dan pendidikan terbangun dengan baik maka wajah NTB ke depannya akan jauh lebih baik.

         Oleh sebab itu, Zainul mengajak masyarakat dan kalangan dunia usaha, termasuk PTNNT untuk terus berperan membangun sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan serta infrastruktur lainnya.

         "Pembangunan sarana dan prasarana bukan sebagai bentuk kemurah hatian dari kalangan dunia usaha, tetapi merupakan kewajiban atau tanggungjawab terhadap daerah. Semakin besar skala usaha, maka semakin besar kontribusi yang harus diberikan," katanya.

         Senior Manajer Hubungan Eksternal PTNNT Arif Perdanakusumah, mengatakan, pembangunan gedung FK tahap pertama telah dilaksanakan tahun 2005 menelan dana sebesar 327.000 dolar Amerika Serikat (AS). Seluruh dana itu bersumber dari dana 'corporate social responsibility' (CSR) PTNNT.

         Untuk pembangunan gedung tahap kedua, kata dia, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,9 miliar. Dana tersebut diambil dari dana CSR yang dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi NTB pada 2011 sebesar 38 juta dolar AS.

         Pemerintah Provinsi NTB juga mengalokasikan anggaran dari APBD sebesar Rp2,7 miliar untuk pembangunan FK Unram.

         "Bantuan dana untuk pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Unram sebagai wujud komitmen kami membangun pendidikan dan kesehatan di NTB. Dana CSR kami juga diperuntukkan bagi pemberdayaan masyarakat," ujarnya.(*)