Kapolri memastikan keamanan dan prokes pramusim MotoGP Sirkuit Mandalika

id Kapolri jenderal Listyo, listyo sigit prabowo, mabes polri,sirkuit mandalika lombok, pramusim motogp mandalika,nusa teng

Kapolri memastikan keamanan dan prokes pramusim MotoGP Sirkuit Mandalika

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengecek kesiapan penyelenggaraan penyelenggaraan tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (11/2/2022). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri.

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan kesiapan penyelenggaraan tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), dari sisi keamanan maupun penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Jenderal bintang empat itu mengecek langsung ke lapangan pelaksanaan keamanan serta kedisiplinan protokol kesehatan di Sirkuit Mandalika, NTB, Jumat.

“Kami melaksanakan pengecekan secara langsung terkait persiapan keamanan yang dilaksanakan dalam rangka memastikan seluruh rangkaian kegiatan pramusim dan nanti kegiatan pelaksanaan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia dilaksanakan bulan Maret,” kata Sigit dikutip dalam keterangan tertulisnya.
 

Menurut dia, segala permasalahan yang sempat muncul di Sirkuit Mandalika saat ini sudah terselesaikan. Begitu pula dengan penerapan protokol kesehatan, diberlakukan secara ketat mulai dari pintu masuk ke Indonesia.

Penegakan protokol kesehatan dilakukan di tempat akomodasi hingga lokasi Sirkuit Mandalika. Pemeriksaan mulai dari dokumen, tes RT-PCR, tes swab antigen harian, hingga pengaturan batas-batas area bagi peserta, ofisial dan masyarakat.

Sigit juga memastikan penerapan skema travel bubble atau gelembung perjalanan berjalan sesuai standar prosedur operasi (SOP). Hal ini bertujuan agar kegiatan bertaraf internasional tersebut berjalan aman, lancar, sekaligus memperhatikan faktor kesehatan bagi seluruh pihak yang terlibat.

“Artinya kami lihat bahwa untuk sistem travel bubble dalam rangka menjaga protokol kesehatan semua berjalan baik," ujarnya.

Mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan sebanyak 1.598 personel gabungan dari TNI-Polri dan pihak terkait lainnya, dikerahkan untuk melakukan pengamanan dalam pelaksanaan kegiatan bertaraf internasional tersebut.

“Tentunya akan ada penambahan-penambahan (personel) yang disesuaikan dengan pola pengamanan dan ancaman yang dihadapi," katanya.

Sigit menambahkan, TNI-Polri, bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) serta Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto terus melakukan evaluasi guna memastikan pelaksanaan Official Test MotoGP 2022 dan Pertamina Grand Prix of Indonesia berjalan lancar.

“Secara umum seluruhnya, saya melihat berjalan dengan baik. Evaluasi akan terus dilaksanakan Kapolda berkoordinasi dengan bapak komandan lapangan. Sehingga seluruh rangkaian dipastikan bisa berjalan aman dan pengendalian COVID-19, protokol kesehatannya berjalan sesuai yang diharapkan," tutup Sigit.

Sirkuit Mandalika disibukkan dengan ajang tes ofisial MotoGP pada 11-13 Februari yang akan menjadi momen krusial bagi tim dan pebalap menentukan arah pengembangan motor mereka sebelum menjalankan balapan pembuka musim di Qatar pada 6 Maret nanti.

Sirkuit Mandalika juga akan menjadi tuan rumah balapan kedua di kalendar MotoGP pada 20 Maret mendatang.