Jaksa Agung tunjuk Waka Kejati Jabar jadi Kepala Kejati NTB

id rotasi jabatan,kepala kejati ntb,sungarpin,wakal kejati jabar,tomo sitepu,sk jaksa agung

Jaksa Agung tunjuk Waka Kejati Jabar jadi Kepala Kejati NTB

Kantor Kejati NTB. (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menunjuk Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Sungarpin menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat menggantikan Tomo Sitepu.

Juru Bicara Kejati NTB Supardin di Mataram, Selasa, mengonfirmasi pergantian tersebut berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 54/2022 tentang Pemindahan, Pemberhentian, dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Struktural Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan RI.

"Iya, sesuai dengan SK Jaksa Agung yang ditandatangani Jumat (18/2), Kepala Kejati NTB akan dijabat Pak Sungarpin, Wakajati Jabar," kata Supardin.

Dalam SK tersebut, Tomo Sitepu mendapat amanah baru untuk menduduki jabatan Direktur Penuntutan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejagung RI.

Selain Tomo Sitepu, pergeseran juga terjadi untuk jabatan Waka Kejati NTB. Purwanto Joko Irianto yang kini menduduki jabatan tersebut, bergeser ke Kalimantan Barat untuk menempati posisi serupa, wakil kepala kejaksaan tinggi.

"Untuk penggantinya, Eben Saribanon yang sekarang menduduki jabatan Koordinator Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejagung RI," ujar dia.

Lebih lanjut perihal pelantikan dan serah terima jabatan, Supardin belum dapat memastikan. Karena dia meyakini bahwa kegiatan tersebut berada di bawah kewenangan Kejagung RI.

"Jadi kapan pelantikan dan sertijab (serah terima jabatan), itu menunggu informasi dari Jakarta," ucapnya.

Dua jabatan tertinggi di Kejati NTB ini masuk dalam rotasi 39 pegawai jajaran Korps Adhyaksa. Selain keduanya, turut muncul mantan Kepala Kejati NTB sebelumnya, Mohamad Dofir yang ditunjuk sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung RI.

Ada juga nama I Ketut Sumadana, yang pernah menduduki jabatan Kepala Kejaksaan Negeri Mataram. Putra Daerah NTB yang kini sedang menduduki jabatan Waka Kejati Bali itu mendapat amanah sebagai Kepala Kejati Banten.