RSUD NTB menerjunkan 50 dokter spesialis selama MotoGP Mandalika

id NTB,MotoGP,RSUD Provinsi NTB,MotoGP Mandalika,MotoGP Indonesia

RSUD NTB menerjunkan 50 dokter spesialis selama MotoGP Mandalika

Direktur RSUD Provinsi NTB, dr Lalu Herman Mahaputra atau akrab disapa dr Jack. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat menerjunkan 50 dokter spesialis untuk bertugas selama perhelatan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret 2022.

Direktur RSUD Provinsi NTB dr Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Kamis, mengatakan 50 orang dokter ini merupakan dokter-dokter spesialis yang memang disiapkan bertugas selama berlangsungnya MotoGP.

"Ini kolaborasi dari sejumlah dokter spesialis, seperti radiologi, emergency, anestesi, ortopedi dan bedah. Jumlahnya ada 50 orang yang disiapkan," ujarnya.

Ia menjelaskan 50 orang dokter spesialis ini ada yang sehari-hari bertugas di RSUD Provinsi NTB dan diperbantukan dari sejumlah rumah sakit di luar NTB, seperti dari Jakarta.

"Jadi ada yang dari luar NTB, karena kalau kita aja belum bisa sehingga perlu dokter dari luar yang membantu," terang dr Jack sapaan akrabnya.

Menurut dr Jack, para dokter ini disiagakan di Gedung Medical Center di dalam areal Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah dan RSUD Provinsi NTB di Kota Mataram.

Selain dokter spesialis, mereka akan dibantu oleh ratusan tenaga perawat baik d RSUD NTB maupun di Gedung Medical Center di Sirkuit Mandalika.

"Jadi kita bagi dua ada yang di areal sirkuit dan RSUD NTB," ucapnya.

Ditanya soal pola penanganan ketika terjadi kecelakaan yang menimpa pebalap MotoGP, ia mengatakan untuk penanganan ringan akan ditangani langsung di medical center di Sirkuit Mandalika, namun jika kondisi berat maka akan dirujuk ke RSUD Provinsi NTB.

"Kalau bisa selesai di sirkuit akan ditangani di sirkuit (medical center). Tetapi kalau membutuhkan perawatan yang intensif maka di bawa ke RSUD NTB," ujar dr Jack

"Untuk dibawa ke rumah sakit, kita tidak khawatir karena ada dua helikopter yang disiapkan oleh Basarnas," sambungnya.

Meski demikian, mantan Direktur RSUD Kota Mataram ini memastikan seluruh dokter, perawat dan sarana prasarana untuk mendukung MotoGP sudah siap 100 persen.

"Intinya dari sisi kesiapan RSUD NTB baik itu SDM (dokter dan perawat), fasilitas dan peralatan medis sudah sepenuhnya siap untuk MotoGP," katanya.