MGPA apresiasi PLN sukses hadirkan layanan listrik di MotoGP Mandalika

id PT PLN,MotoGP Mandalika,Pertamina Mandalika

MGPA apresiasi PLN sukses hadirkan layanan listrik di MotoGP Mandalika

Seorang petugas PLN tetap siaga menjaga keandalan listrik saat penyelenggaraan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika untuk pertama kalinya di Indonesia sukses digelar. Keluar sebagai juara, pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira dan di posisi kedua, Fabio Quartararo.

Kesukseskan MotoGP Mandalika tersebut tak lepas dari peran PLN menghadirkan listrik yang andal dan berkualitas, tanpa kedip.

Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association, Samsul Purba menyampaikan dukungan dari PLN untuk MotoGP Mandalika sangat luar biasa.

"Tanpa dukungan yang kuat dari PLN, hajatan ini tidak akan terlaksana. Peralatan PLN sangat lengkap, penyediaan listrik stabil. Dorna puas dengan PLN, terutama di TV Compound dan Race Control, tidak ada komplain sama sekali," ujar Samsul.

Samsul juga menyatakan bahwa pihak Dorna menyampaikan (melalui Samsul) jarang mereka menemukan listrik sebaik ini, yakni dari grid (sistem kelistrikan eksisting).

"Kalau sebelumnya ragu, sekarang mereka sudah percaya. Dorna juga
menyampaikan apresiasinya kepada saya untuk PLN. Kolaborasi inilah yang akan membuat mimpi besar terwujud," ujarnya.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Soedjarwo mengatakan hal itu merupakan komitmen PLN untuk terus melistriki seluruh event yang akan digelar, baik skala nasional maupun internasional.

"Dengan suksesnya gelaran MotoGP ini, tentunya Indonesia akan semakin diperhitungkan untuk menjadi tuan rumah dalam gelaran yang lain. Dampaknya pasti akan sangat positif, tidak hanya meningkatnya ekonomi, tapi di semua sektor," katanya.
asokan listrik yang andal bersumber dari dua gardu induk (GI), GI Kuta dan GI SengkolPasokan daya sebesar 5,19 MVA dialirkan oleh PLN ke PT ITDC selaku pelanggan untuk memenuhi kebutuhan listrik di area sirkuit, mulai dari paddock hingga medical center.

Sebanyak 14 Uninterruptible Power System (UPS) dengan daya total sebesar 2,4 MVA yang didatangkan dari Bima dan Sumbawa, bahkan dari Jawa Timur, DKI Jakarta dan NTT telah siap di lokasi.

Sudjarwo juga mengungkapkan terima kasihnya kepada seluruh stakeholder dan masyarakat atas dukungan yang telah diberikan, untuk suksesnya MotoGP Mandalika.

"Terima kasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat yang telah mendukung PLN. Kami akan terus memberikan pelayanan yang terbaik, untuk NTB gemilang," ucapnya pula.