Waspadai gelombang tinggi di wilayah perairan NTB

id BMKG

Waspadai gelombang tinggi di wilayah perairan NTB

Sebuah kendaraan saat melintas di jalan raya Praya-Kuta Lombok Tengah saat terjadi hujan pekan lalu (Antara/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk  mewaspadai gelombang tinggi yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian Utara dan Selatan, Selat Alas, Samudera Hindia Selatan NTB dan Selat Sape bagian Selatan.

"Warga pengguna jasa angkutan dan penyeberangan laut atau yang berencana beraktivitas di pesisir maupun di wilayah perairan sekitar NTB tetap waspada terhadap dampak gelombang tinggi yang terjadi," kata Prakirawan BKMG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Aprilia Mustika dalam keterangan tertulisnya di Praya, Rabu.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspadai adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur,m dan Lombok Tengah.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan sebagian wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Kabupaten Bima, Kota Bima dan Dompu pontesi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

"Hujan diprakirakan terjadi pada siang hingga malam hari di sebagian wilayah NTB," katanya.

Dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang selama tiga hari ke depan, warga diimbau untuk selalu tetap waspada dan berhati-hati dengan dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang dan pohon tumbang.

"Waspadai adanya pohon tumbang bagi pengguna jalan atau warga serta banjir," katanya.