Kementerian PANRB-BNI menyiapkan digitalisasi pengelolaan SDM bagi ASN

id BNI,Digitalisasi

Kementerian PANRB-BNI menyiapkan digitalisasi pengelolaan SDM bagi ASN

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar saat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Digitalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia bagi Aparatur Sipil Negara dan Program Ekosistem Keuangan Institusi Pemerintah di Jakarta, Selasa (29/3/2022). ANTARA/HO-BNI

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersinergi mengintegrasikan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) untuk aparatur sipil negara (ASN) di seluruh kementerian/lembaga melalui digitalisasi.

Sinergi ini dilakukan melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Digitalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia bagi Aparatur Sipil Negara dan Program Ekosistem Keuangan Institusi Pemerintah di Jakarta, Selasa.

"BNI sebagai mitra strategis yang memiliki pengalaman dalam pengembangan human capital yang didukung dengan penggunaan platform teknologi yang andal," kata Menteri PANRB Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa.

Tjahjo mengatakan percepatan pembangunan platform tunggal digital ekosistem ASN untuk manajemen SDM perlu dilakukan melalui pendekatan kemitraan strategis termasuk dengan berkolaborasi bersama BNI.

Menurutnya, kerja sama ini akan mengintegrasikan data dan informasi manajemen SDM aparatur nasional, sehingga memberikan kepastian kualitas pengambilan keputusan dan layanan yang semakin baik bagi masyarakat.

"Hal ini juga menjadi salah satu langkah strategis pembangunan SDM sebagai bagian dari salah satu program kerja prioritas Presiden Jokowi," ujarnya.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menjelaskan kerja sama ini sejalan dengan misi BNI yakni memberikan layanan prima dan solusi digital kepada seluruh nasabah selaku mitra bisnis pilihan utama.

Secara operasional, ia menjelaskan kerja sama layanan digital ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh kementerian dan lembaga termasuk instansi daerah bahkan diharapkan dapat diimplementasikan di instansi lainnya.

"Hal ini juga merupakan langkah kami dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi lebih berkelanjutan dengan disertai berbagai inovasi transformasi digital dalam mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik," jelas Royke.

Sejauh ini, BNI telah mendapat berbagai pengakuan dan penghargaan kelas dunia dalam pengembangan kapabilitas modal manusia melalui BNI Corporate University (BNI CorPu).

BNI CorpU pun dipandang sebagai masterpiece dari branding corporate university karena memiliki fasilitas pembelajaran digital yang memadai.

Pembelajaran digital oleh BNI CorpU dilakukan melalui one-stop-learning solution yakni BNI Smarter, Artificial Intellegence Chatbot LeVA (Learner's Virtual Assistance), Learning Game, Podcast serta Webinar Suplemen Pengetahuan BNI CorpU TV di kanal YouTube.

BNI juga menjadi bank yang telah menerapkan konsep Merdeka Belajar dengan implementasi Learning Wallet bagi seluruh pegawainya agar fleksibel dalam mengikuti pembelajaran.

BNI CorpU turut aktif dalam pengembangan digital talent antara lain dengan membina beberapa IT Bootcamp yang nantinya menghasilkan karya-karya inovatif talenta digital Indonesia.