Dispar NTB mengenalkan Mandalika dan Rinjani untuk peserta Y20

id NTB,Dinas Pariwisata NTB,Y20,Indonesia,Sirkuit Mandalika,Gunung Rinjani,KEK Mandalika

Dispar NTB mengenalkan Mandalika dan Rinjani untuk peserta Y20

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Yusron Hadi saat diwawancara di Kantor Gubernur NTB di Mataram, Rabu (13/4/2022). (FOTO ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan sejumlah destinasi wisata unggulan, salah satunya Sirkuit Mandalika dan Taman Nasional Gunung Rinjani sebagai rangkaian pengenalan wisata kepada para peserta Indonesia Youth Diplomacy (IYD) pada 23-25 April 2022.

Kepala Dispar NTB, Yusron Hadi, di  Mataram, Rabu mengatakan pengenalan destinasi wisata unggulan kepada peserta IYD20 ini menjadi ajang promosi destinasi wisata NTB kepada dunia.

"Jadi, ini ajang promosi bagi NTB untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Lombok dan Sumbawa kepada mata dunia," katanya di Kantor Gubernur NTB di Mataram.

Ia menyebutkan ada empat destinasi wisata pilihan yang akan dikenalkan dalam keliling wisata kepada peserta IYD20 di Lombok, di antaranya kawasan Mandalika meliputi Pantai Kuta dan Sirkuit Mandalika.

Selanjutnya, bale adat di Desa Wisata Sade di Kabupaten Lombok Tengah, kawasan wisata Sembalun dan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di Kabupaten Lombok Timur.

"Selain keliling ke destinasi, kita juga mengajak mereka menonton pentas seni kepada peserta. Jadi tidak pada hanya mengenalkan destinasi tetapi juga budaya dan kesenian tradisional," katanya.

Selain itu, kata dia,  tidak kalah penting dari wisata ke destinasi tersebut, yakni memperkenalkan hasil produk UMKM NTB, sehingga peserta yang hadir bisa berbelanja dan membawa pulang oleh-oleh ke negaranya masing-masing.

"Para pemuda yang hadir ini usai berkegiatan di Lombok, pasti akan cerita kepada keluarga, kerabat dan teman-temannya tentang keindahan Lombok-Sumbawa mulai alamnya dan produk UMKM sehingga mereka datang kembali NTB, tetapi tidak sendirian melainkan dengan membawa keluarga atau temannya," katanya.

Oleh karena itu, Yusron Hadi, yang mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB ini menyambut baik kegiatan tersebut karena bisa mempromosikan NTB ke dunia internasional.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Surya Bahari menambahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB sudah siap menyambut kegiatan IYD20 yang diselenggarakan di Kabupaten Lombok Barat tersebut.

Ia menyatakan seluruh pemangku kepentingan akan bersinergi dan berkolaborasi untuk menyukseskan kegiatan IYD20 tersebut, seperti akomodasi, transportasi, hospitality, cendera mata, media promosi dan lain sebagainya.

"NTB merupakan tuan rumah ke-2 setelah Palembang, Insya Allah akan terus didukung dengan berbagai pemangku kepentingan terkait," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan ini akan diikuti 100 peserta dari NTB dan 100 peserta yang berasal dari luar NTB dan peserta asal luar negeri untuk turut berpartisipasi dalam perhelatan IYD20.

Y20 sendiri merupakan forum konsultasi dan dialog para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus, demikian Surya Bahari.