Lombok Tengah menargetkan vaksin booster 30 persen sebelum Lebaran

id Vaksin,Lombok Tengah

Lombok Tengah menargetkan vaksin booster 30 persen sebelum Lebaran

Warga saat mendaftar pelayanan vaksinasi di kantor PCNU Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menyatakan pelaksanaan vaksinasi di Bulan Ramadhan ini terus intens dilakukan bersama TNI-Polri, sehingga ditargetkan vaksin penguat atau booster bisa mencapai 30 persen sebelum hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Itu target kita untuk vaksin dosis tiga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Suardi di kantornya di Praya, Jumat.

Untuk mempercepat capaian vaksinasi baik dosis satu, dosis dua dan dosis tiga, pihaknya bersama jajaran Polres Lombok Tengah dan Kodim 1620 Lombok Tengah serta pemerintah desa terus berkolaborasi melakukan pelayanan vaksinasi baik siang hari sampai malam hari setelah Sholat Tarawih.

"Pelayanan vaksinasi saat ini dilakukan siang hari sampai malam hari," katanya.

Pelayanan vaksinasi juga digelar di beberapa Masjid, bahkan sejumlah petugas turun langsung ke rumah warga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, hampir di setiap kegiatan safari Ramadhan yang digelar di 12 Kecamatan juga dibuka gerai vaksinasi bagi masyarakat yang belum divaksinasi.

"Kita optimistis target itu bisa tercapai sebelum Lebaran," katanya.

Animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi booster tersebut cukup baik, karena sertifikat vaksin dosis tiga tersebut menjadi syarat bagi masyarakat yang ingin mudik Lebaran ke luar Pulau Lombok khususnya yang menggunakan jasa transportasi udara sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Perhubungan.

Sedangkan untuk stok vaksin yang masih tersedia sampai saat ini sebanyak 62 ribu dosis, sehingga tim vaksinasi terus melakukan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat dengan menyasar sejumlah tempat pelayanan publik seperti di pasar maupun di Masjid.

"Stok vaksin kita masih aman," katanya.

Berdasarkan data yang ada jumlah capaian vaksinasi tahap pertama di Lombok Tengah sebanyak 94,2 persen atau 728.819 dosis dari target 767.700 dosis. Sedangkan untuk jumlah capaian vaksinasi tahap dua mencapai 82,4 persen 631.513 dosis dan capaian vaksinasi booster 5,9 persen atau 44.992 dosis.

"Kita imbauan masyarakat juga ikut mendukung program vaksinasi ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyebaran virus COVID-19," katanya.*