Pemprov NTB menyediakan empat bus gratis untuk mudik lebaran

id NTB,Bus Gratis Mudik Lebaran,Lebaran 1443 Hijriah

Pemprov NTB menyediakan empat bus gratis untuk mudik lebaran

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyediakan empat unit bus gratis untuk mudik lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal mengatakan empat armada bus gratis tersebut untuk rute Kabupaten Kota di Pulau Sumbawa, seperti Kabupaten Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima.

"Bus tersebut diperuntukkan khusus bagi mahasiswa asal Pulau Sumbawa yang menempuh pendidikan di Kota Mataram," ujar Lalu Moh Fauzal di Mataram, Rabu.

Ia menyatakan penyediaan bus gratis untuk mudik Lebaran terselenggara berkat kerjasama dengan PO Damri dan Jasaraharja. "Jadi pemerintah memfasilitasi adik adik mahasiswa bisa bisa mudik Lebaran," ucap Faozal.

Menurut dia, syarat untuk mudik ini cukup mudah. Mahasiswa cukup memperlihatkan kartu mahasiswa kepada petugas.

"Bus gratis ini diberangkatkan hari Sabtu (30/4) atau satu kali saja. Artinya berangkat mudik saja," katanya.

Faozal menambahkan untuk pergerakan penumpang pada mudik tahun ini diperkirakan mencapai 25 hingga 35 persen baik melalui jalur darat maupun laut sementara untuk jalur udara diperkirakan mencapai 40 persen.

"Kita sudah antisipasi, apalagi mudik tahun ini bersamaan dengan hari libur dan cuti bersama," ucap mantan Kepala Dinas Pariwisata NTB ini.

Sementara untuk mengantisipasi kemacetan, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah skenario misalnya akan ada pembatasan pergerakan bagi truk pengangkut logistik.

Selanjutnya pos pos pelayanan juga akan disiapkan di sejumlah jalur misalnya jalur Mataram-Masbagik Lombok Timur.

"Kita akan atur trafik ini supaya tidak terjadi kemacetan. Kita akan ada pembatasan pergerakan truk logistik. Pos pos kita buat juga di semua titik titik yang di atensi adanya keramaian dan kemacetan," katanya.