BPBD Mataram akan membuat video pembelajaran mitigasi bencana

id bencana,alam,mataram

BPBD Mataram akan membuat video pembelajaran mitigasi bencana

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Akhmad Muzaki. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan membuat video pembelajaran mitigasi bencana sebagai satu inovasi mempermudah pelaksanaan program pendidikan aman bencana berupa edukasi kepada anak-anak melalui sekolah dan masyarakat secara umum.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Akhmad Muzaki di Mataram, Jumat, mengatakan video mitigasi bencana itu sebagai ganti dari program satuan pendidikan aman bencana yang selama ini dilakukan secara manual ke sekolah-sekolah.

"Dengan melihat jumlah sekolah dari tingkat PAUD hingga SMP yang jumlahnya ratusan, mungkin program pendidikan aman bencana 10 tahun baru bisa tuntas," katanya.

Pasalnya, pelaksanaan kegiatan tersebut sangat tergantung dari alokasi anggaran, sehingga dalam setahun kegiatan hanya dapat dilakukan satu kali di sekolah dan satu kali di tingkat kelurahan melalui program kelurahan tangguh bencana.

Dengan keterbatasan anggaran setiap tahun, pelaksanaan pendidikan aman bencana dan kelurahan tangguh bencana diprioritaskan pada sekolah kelurahan yang rawan terdampak bencana.

"Melalui program pendidikan aman bencana, tim dari BPBD akan memberikan edukasi terkait dengan berbagai kegiatan mitigasi bencana, serta pemasangan jalur evakuasi dan titik kumpul," katanya.

Terkait dengan itu, kata Muzaki, video mitigasi bencana yang akan disiapkan pada tahun 2023 dinilai bisa lebih efektif dan efisien mengoptimalkan kegiatan pendidikan aman bencana di sekolah.

"Bahkan tidak hanya di sekolah, video itu bisa kita putar pada berbagai kesempatan kegiatan yang dilaksanakan pada tingkat kelurahan maupun lingkungan," katanya.

Dengan demikian, masyarakat memiliki pemahaman yang sama terkait dengan mitigasi bencana sebagai upaya pengurangan risiko dan kerugian dampak bencana.

"Selain itu, masyarakat sudah tahu pasti apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. Bagaimana menyelamatkan diri, kemudian anak-anak, perempuan dan lanjut usia," katanya.

Mataram merupakan salah satu dari 10 kabupaten/kota di NTB yang memiliki enam jenis bencana dari 10 jenis bencana yang kerap terjadi di NTB. Selain gempa disertai tsunami, bencana lain yang mengancam wilayah Kota Mataram adalah banjir, kebakaran permukiman, gelombang pantai, abrasi, dan konflik sosial.*
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2022