GADDAFI AKAN DIMAKAMKAN DI GURUN PASIR

id

     Misrata, Libya (ANTARA) - Jenazah pemimpin terguling Libya Muamar Gaddafi akan dimakamkan di kuburan rahasia di gurun, kata seorang pejabat Dewan Peralihan Nasional (NTC) seperti dikutip Reuters.

     Pengumuman itu mengakhiri percekcokan mengenai mayatnya yang mulai membusuk dan membuat banyak orang mengkhawatirkan kemampuan pemerintah baru di Libya.

     Saat sekutu Barat mereka merasa tak tenang bahwa Gaddafi dipukuli dan ditembak setelah ditangkap Kamis (20/10), gerilyawan memperlihatkan mayat mantan pemimpin Libya itu di kamar pendingin.

     Mereka bersilang pendapat mengenai apa yang akan dilakukan dengan mayat tersebut, sampai-sampai jenazah tersebut membusuk dan memaksa mereka menutup pintu Senin kemarin.

     "Ia akan dikuburkan besok dalam pemakaman sederhana yang dihadiri para sheikh. Itu akan dilakukan di lokasi yang tak diketahui di daerah gurun," kata pejabat tersebut.

     Dia menambahkan, jenazah yang membusuk itu tak bisa bertahan lebih lama lagi.

     Pembunuhan tokoh berusia 69 tahun di kota kelahirannya, Sirte, itu mengakhiri delapan bulan perang saudara di negara Afrika Utara tersebut.(*)