Petenis Djokovic gabung Nadal, Federer dan Murray ikuti Laver Cup

id tenis,Djokovic,Laver Cup

Petenis Djokovic gabung Nadal, Federer dan Murray ikuti Laver Cup

Arsip foto - Petenis Serbia Novak Djokovic tampil dalam pembukaan lapangan tenis di Visoko, Bosnia dan Herzegovina pada 13 Juli 2022. (ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic)

Jakarta (ANTARA) - Penggemar tenis terbiasa melihat Rafa Nadal, Novak Djokovic, Roger Federer dan Andy Murray bertarung mati-matian untuk mengalahkan satu sama lain dalam Grand Slam, tetapi keempat petenis yang dijuluki Big Four tersebut akan bermain bersama dalam tim yang sama untuk pertama kalinya dalam turnamen Laver Cup di London.

Juara Wimbledon Djokovic, Jumat, dinobatkan sebagai anggota keempat dari enam petenis  Tim Eropa. Petenis Serbia berusia 35 tahun itu bergabung dengan rival lamanya pada edisi kelima acara yang telah disetujui ATP berlangsung dari 23 sampai 25 September itu.

Turnamen beregu yang dinamai dari nama legenda tenis Australia Rod Laver itu digelar selama tiga hari dengan mempertemukan enam petenis top Eropa melawan enam petenis sisa dunia.

"Ini satu-satunya kompetisi di mana Anda bisa bermain dalam tim bersama dengan orang-orang yang biasanya Anda lawan dan bergabung dengan Rafa, Roger dan Andy -- tiga seteru  terbesar saya sepanjang masa -- ini akan menjadi momen yang benar-benar unik dalam sejarah olahraga kami," kata Djokovic seperti dikutip Reuters, Jumat.

Nadal, Djokovic, Federer dan Murray mendominasi tenis putra selama dua dekade terakhir dengan total 66 kali menjuarai turnamen-turnamen Grand Slam.

Baca juga: Petenis Ons Jabeur disambut bak pahlawan
Baca juga: Petenis Djokovic ingin tampil dalam Australian Open


Nadal memegang rekor 22 gelar Grand Slam putra, sementara Djokovic yang bermain di Laver Cup edisi kedua pada 2018, satu tempat di belakangnya dengan 21 gelar Grand Slam putra. O2 Arena London yang menjadi tuan rumah ATP Finals penutup musim dari 2009 hingga 2020, akan menggelar Laver Cup. Tim Eropa yang dikapteni Bjorn Borg memenangi semua edisi sebelumnya.

"Saya tidak bisa membayangkan memiliki empat ikon tenis bermain dalam satu tim bersama-sama," kata Borg. "Saya tahu mereka, seperti saya, menghargai pentingnya momen ini dan akan benar-benar siap untuk itu." "Setiap tahun, tujuan kami adalah menang. Dengan Rafa, Roger, Andy, dan Novak di tim, saya menyukai peluang kami." Kapten Tim Dunia John McEnroe menunjuk Felix Auger-Aliassime, Taylor Fritz dan Diego Schwartzman sebagai tiga anggota timnya.