Dinkes :147 ribu warga Lombok Tengah telah divaksin booster

id Vaksin,Booster,Lombok tengah

Dinkes :147 ribu warga Lombok Tengah telah divaksin booster

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat H Suardi di Praya (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat mencatat jumlah warga di daerah setempat yang telah diberikan vaksin booster hingga saat ini sebanyak 147 ribu orang.

"Capaian vaksin booster di Lombok Tengah sebanyak 19 persen dari total target vaksinasi 767.700 dosis," kata Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H Suardi di kantornya di Praya, Selasa. 

Sementara itu untuk capaian target vaksinasi dosis pertama sebanyak 727.216 atau 94 persen dan capai vaksinasi dosis kedua 643.487 atau 83 persen. 

"Dosis tiga yang masih belum mencapai target 30 persen," katanya. 

Ia mengatakan, untuk tambahan vaksin saat ini belum ada pengajuan, karena stok vaksin masih aman yakni sekitar 25 ribu dosis. Selain itu, minat warga untuk melakukan vaksin ketiga ini sangat berkurang bila dibandingkan dengan vaksin pertama dan dosis kedua. 

Oleh karena itu, pihaknya berharap ada gerakan lintas sektoral seperti halnya dalam percepatan vaksinasi dosis pertama dan kedua, sehingga vaksinasi dosis tiga bisa mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah pusat. 

"Warga menganggap COVID-19 inj telah hilang, sehingga banyak yang tidak mau ikuti vaksinasi ketiga," katanya.

Langkah yang dilakukan oleh dinas saat ini hanya dengan membuka layanan vaksinasi di semua Puskesmas yang ada di Lombok Tengah. Namun, capaian vaksinasi dosis tiga hingga saat ini masih tetap stabil atau tidak ada peningkatan yang signifikan. 

"Layanan vaksinasi tetap dibuka di Puskesmas," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19, meskipun kasus baru COVID-19 hingga saat ini tidak ada penambahan. 

"Kasus COVID-19 di Lombok Tengah masih nol," katanya.