NEWMONT SERAHKAN GEDUNG DPRD SENILAI RP28 MILIAR

id

    

     Mataram, 24/1 (ANTARA) - PT Newmont Nusa Tenggara telah menyerahkan gedung DPRD Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB yang dibangun dengan dana sebesar Rp28 miliar melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebesar  38 juta dolar AS untuk Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

     PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Selasa, menyebutkan gedung DPRD Sumbawa itu telah diserahkan pada acara peresmian oleh Bupati Sumbawa Drs Jamaluddin Malik didampingi Manager Eksternal Eksplorasi PT. NNT Kasan Mulyono.

     "Kami berterima kasih kepada Pemerintah Sumbawa atas kerja sama dan kemitraan yang telah terbina selama ini dalam membangun beberapa proyek pemerintah yang ada di Sumbawa. Demikian pula halnya dengan gedung DPRD Sumbawa ini telah  dibangun berkat kerja sama semua pihak," kata Martiono Hadianto, Presiden Direktur PTNNT.

     Ia mengatakan, sesuai perjanjian dengan tiga pemerintah daerah, yakni Pemprov NTB, Pemkab Sumbawa dan Pemkab Sumbawa Barat, pengerjaan proyek-proyek tersebut dilakukan oleh PTNNT.  Setelah rampung pembangunannya kemudian dihibahkan kepada masing-masing daerah sesuai usulan program yang diajukan kepada PTNNT.

     "Proyek-proyek pemberdayaan masyarakat akan terus kami lanjutkan di Kabupaten Sumbawa meskipun saat ini kegiatan usaha pertambangan kami di wilayah Elang, Kabupaten Sumbawa masih dalam tahap eksplorasi. Hal ini kami lakukan sesuai dengan komitmen kami untuk menjadi yang terdepan dalam bidang tanggung jawab sosial," katanya.

     Menurut dia, nilai proyek pemberdayaan masyarakat di Sumbawa pada 2011 sekitar Rp18 miliar, sedangkan tahun ini direncanakan sebesar Rp53,2 miliar yang sebagian besar digunakan untuk pembangunan sarana jalan, gedung dan pemberdayaan lainnya.

     Gedung tiga lantai dengan luas bangunan 5.234 meter persegi yang berdiri di atas lahan seluas 1,8 hektare ini memiliki berbagai fasilitas seperti 19 ruangan di lantai satu, 12 ruangan di lantai dua dan 19 ruangan di lantai tiga terdiri dari ruang Badan Kehormatan, ruang Badan Musyawarah, ruang Ketua DPRD, ruang wakil Ketua DPRD I, ruang wakil Ketua DPRD II, ruang tunggu VIP dan ruang Sidang Utama.

     Selain itu ruang Komisi I, ruang Komisi II, ruang Komisi III, ruang Komisi IV, ruang Fraksi, ruang Media, ruang perlengkapan, ruang Kabag Keuangan, ruang pertemuan Sekwan atau Badan anggaran, ruang Kabag humas dan protokol, gudang arsip, gudang perlengkapan, ruang panel dan fotocopy, ruang parkir dan 51 kamar kecil.

     "Kami berharap bantuan ini dapat turut mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan umum, kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Kami juga berharap agar proyek eksplorasi Elang dapat berjalan dengan lancar dan mendapat hasil yang positif sehingga kesempatan kerja dan peluang usaha bagi pengusaha lokal Sumbawa dapat terserap lebih banyak," kata Martiono.

     Jumlah proyek bantuan dana CSR PTNNT bekerjasama dengan Pemerintah Sumbawa  mencapai 55 buah. Sebelumnya PTNNT juga telah menyerah terimakan delapan proyek fisik dan 13 proyek non fisik senilai Rp48,8 miliar kepada pemerintah Sumbawa.

     Program pengembangan masyarakat PTNNT difokuskan pada empat pilar utama yakni peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan pendidikan masyarakat, peningkatan perekonomian masyarakat dan infastruktur.

     Selain proyek dana khusus $38 juta, PTNNT juga mengalokasikan dana pengembangan masyarakat sebesar 4-5 juta dolar AS setiap tahunnya.

     Sejak awal operasinya hingga saat ini,  PTNNT telah membangun 208 sarana dan prasarana, seperti sarana pendidikan, Kesehatan, jalan, irigasi, dan pariwisata. Di bidang pendidikan, PTNNT juga memberikan bantuan berupa beasiswa, pelatihan guru, dan lain-lain.

     PTNNT mendapatkan penghargaan PADMA dari Presiden RI untuk Program Pemberdayaan Masyarakat dan juga Penghargaan Pemberdayaan Sosial dari Menkokesra. (*)