IKA Unram membangun gedung sekretariat dan wisma dua lantai

id NTB,IKA Universitas Mataram ,Unram

IKA Unram membangun gedung sekretariat dan wisma dua lantai

Ketua IKA Universitas Mataram (Unram), Hj Baiq Isvie Rupaeda didampingi Sekda HL Gita Ariadi meletakkan batu pertama pembangunan gedung sekretariat dan wisma alumni IKA Unram di Mataram, Rabu (27/7/2022). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat membangun gedung sekretariat dan wisma alumni dua lantai di atas lahan seluas 37 are di Jalan Pemuda Kota Mataram.

Ketua Panitia Pembangunan IKA Unram, Rosiady Sayuthi mengatakan pihaknya menargetkan lantai satu pembangunan gedung akan tuntas akhir tahun 2022 ini.

"Alhamdulillah, di kepengurusan Ibu Isvie ini, mimpi ribuan alumni untuk mewujudkan gedung IKA Unram ini bisa terwujud," kata Rosiady pada acara peletakan batu pertama pembangunan gedung sekretariat dan wisma alumni IKA Unram di Mataram, Rabu.

Ia berharap pembangunan gedung sekretariat dan wisma alumni tersebut dapat diselesaikan dan pada saat pelaksanaan ajang MotoGP, WSBK dan Kejuaraan Paralayang Internasional 2023 bisa dipergunakan.

Ketua Umum PP IKA Unram, Baiq Isvie Rupaeda mengatakan bantuan hibah untuk pembangunan gedung dan wisma IKA Unram kali ini, diberikan pihak rektorat dengan luas areal mencapai 37 are.

"Nantinya gedung dua lantai ini, memiliki enam ruangan sekretariat, 80 kamar standar hotel dan ruangan ballroom dengan kapasitas 500-600 orang yang biasa dipakai oleh masyarakat umum," ucapnya.

Ketua DPRD NTB itu, mengatakan alokasi total anggaran yang disiapkan untuk rencana pembangunan gedung dan wisma IKA Unram berjumlah Rp8 miliar. Namun, tahun ini, angkanya berjumlah Rp 3 miliar.

"Tapi angka ini masih kita negosiasikan, semoga Pak Sekda yang mewakili Pak Gubernur selalu Ketua TAPD Pemprov bisa merealisasikan hal itu," kata Isvie.

Menurut dia, keberadaan dan peran alumni dalam sebuah institusi perguruan tinggi itu sangat vital. Karena itu, keberadaan-nya harus diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Apalagi, jika alumni tersebut berkontribusi, maka kiprah mereka akan memiliki manfaat besar.

"Mustahil institusi pendidikan tinggi itu bisa maju dan berkembang manakala ikatan keluarga alumni-nya enggak bergerak. Nah, disini peran pemerintah daerah untuk bisa membantu keberadaan-nya," kata Isvie.

Ia menambahkan, gedung dan wisma alumni IKA Unram akan difungsikan untuk peningkatan ketrampilan alumni Unram.

"Mohon doanya, gedung wisma ini bisa bermanfaat ke depannya. Inilah kontribusi saya untuk menunaikan janji saat awal menjadi Ketua IKA Unram," ungkap Isvie Rupaeda.

Rektor Unram, Prof Bambang Hari Kusumo, mengaku, bangga dengan kiprah alumni IKA Unram di bawah kepemimpinan Baiq Isvie Rupaeda. Sebab, ini adalah kali pertama sejarah ikatan alumni memiliki gedung sendiri.

"Mewakili civitas akademika Unram, kami sangat bangga, karena ini sejarah pertama bagi Unram. Yakni, para alumni berkontribusi pada almamaternya. Makanya, kami dukung penuh dengan memberikan aset tanah untuk dijadikan lokasi pembangunannya," kata dia.

Guru besar Fakultas Pertanian Unram itu, mengatakan, bahwa kiprah alumni perguruan tinggi di luar negeri sudah terjadi sejak lama.

Prof Bambang mencontohkan, di negara New Zealand misalnya, beberapa hektar areal disumbangkan oleh para alumni mereka. Bahkan, di sejumlah gedung nama-nama alumni terpampang di sejumlah ruangan dan gedung-nya.

"Kalau saya lihat budaya alumni berkontribusi di Universitas New Zealand, adalah budaya baik yang perlu kita tiru. Ini karena jika terukir nama penyumbang alumni dalam setiap gedung dan ruangannya itu, jelas sangat diperlukan karena sejarah akan terukir dengan baik ke depannya," katanya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah diwakili Sekda NTB, HL Gita Aryadi mengatakan Gubernur memberikan spirit dan motivasi agar pembangunan gedung IKA Unram ini segera tuntas.

"Insya Allah, tadi Pak Gubernur pesan ke saya, beliau akan hadir saat gedung ini sudah jadi dengan melakukan pengguntingan pitanya," kata dia.

Menurutnya, keberadaan IKA Unram adalah upaya untuk memperkuat silaturahmi dan reuni dengan sesama lulusannya.

"Insya Allah, dengan keberanian IKA Unram membangun gedung dan wisma kali ini, maka mau tidak mau pemerintah daerah akan membantu dan menyukseskan pembangunannya. Apalagi, dua pimpinan daerah yakni, Ketua dan Wakil Ketua DPRD juga hadir bersamaan dalam acara ini," katanya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IKA Unram bangun gedung sekretariat dan wisma dua lantai