NTB targetkan raih Provinsi Terinovatif 2022

id NTB,Provinsi Terinovatif

NTB targetkan raih Provinsi Terinovatif 2022

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan meraih gelar Provinsi Terinovatif pada ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Jumat, mengatakan  Provinsi NTB dalam implementasinya sangat serius dalam berinovasi. Salah satunya dengan didirikannya Badan Riset Inovasi Daerah (BRIDA) yang terbentuk pada awal tahun 2022. Brida NTB sendiri adalah yang pertama di Indonesia dan dijadikan contoh bagi daerah lain.

"Saya pikir provinsi kita yang paling serius,"  ujarnya pada kegiatan sosialisasi indeks inovasi daerah menuju Innovative Government Award Tahun 2022 dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Jumat.

Menurutnya, inovasi dalam birokrasi sendiri merupakan sebuah keharusan dan kebutuhan. Administrasi yang dijalankan memiliki kunci pada prinsip faster, better, and chiper (lebih cepat, lebih baik, dan lebih murah) sehingga dapat berjalan beriringan dengan inovasi yang dilaksanakan.

Meski menargetkan sebagai Provinsi Terinovatif di Indonesia, Gubernur meminta kepada seluruh seluruh pihak terkait untuk tidak menjadikan target tersebut sebagai beban. Bang Zul sapaan akrabnya meminta untuk menikmati setiap proses dan mengambil pelajaran darinya. 

Sebelumnya di tahun 2021, NTB berhasil meraih predikat Provinsi Terinovatif kedua di Indonesia setelah Provinsi Sumatera Selatan.

Innovative Government Award (IGA) sendiri merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat daya upaya serta keberhasilan pemerintah daerah, dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.