Kemensos membantu anak-anak dan penyandang disabilitas di Jerowaru Lombok

id Kemensos,Kecamatan Jerowaru,Lombok Timur

Kemensos membantu anak-anak dan penyandang disabilitas di Jerowaru Lombok

Sejumah anak-anak menari di atas panggung dalam perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang digelar Kementerian Sosial, di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-Kemensos)

Mataram (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Bahagia Medan menyalurkan paket bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) senilai Rp183 juta kepada anak-anak dan penyandang disabilitas di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima di Mataram, Rabu, penyaluran bantuan atensi tersebut merupakan rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang diselenggarakan oleh Kemensos, di berbagai wilayah Tanah Air, salah satunya di Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Kemensos, menyerahkan paket bantuan nutrisi, peralatan sekolah, perlengkapan sholat, sepeda, alat bantu kursi roda dan toilet duduk. Bantuan Atensi tersebut berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan hasil asesmen yang telah dilakukan.

"Dalam puncak HAN 2022, kami memberikan bantuan bagi anak-anak dan disabilitas berupa 200 paket nutrisi dan sembako, satu alat bantu dengar, satu tongkat adaptif dan tiga kursi roda," kata Pelaksana tugas Kepala Sentra Bahagia Medan, Iman Imaduddin Hamdan, yang menyerahkan bantuan dan disaksikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, melalui video konferensi.

Ia mengatakan perayaan HAN 2022 di Kabupaten Lombok Timur, dengan tema "Anak terlindungi, Indonesia maju" dilakukan dengan nuansa berbeda. Kementerian Sosial memberi perhatian lebih pada anak-anak yang kuat dan gigih dalam meraih harapan.

Sentra Bahagia Medan bersama Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Kemensos, mendapat tugas memeriahkan HAN 2022 di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Iman menambahkan serangkaian acara dimulai dengan kampanye sosial di pondok pesantren dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Anshori. Dalam acara tersebut, pekerja sosial dan psikolog memberikan edukasi dan penyuluhan terkait pencegahan pernikahan dini.

Sentra Bahagia Medan, selanjutnya melaksanakan pembagian bantuan atensi kepada sebagian anak-anak penerima bantuan.

"Acara puncak yang digelar di aula Kecamatan Jerowaru diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti penampilan tarian dari anak-anak LKSA, dialog interaktif dan permainan menarik yang menghibur anak-anak," ujarnya.

Ketua Forum LKS Kabupaten Lombok Timur, Fitri, menyampaikan terima kasih kepada Kemensos yang telah menyelenggarakan HAN di daerahnya.

"Untuk anak-anak Jerowaru, tetaplah tumbuh dan berkembang menjadi anak sehat, kuat dan semangat meski terlahir di daerah yang kurang air. Jangan pernah banyak keluar air mata, meskipun kurang mata air," tuturnya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensos bantu anak-anak dan penyandang disabilitas di Jerowaru Lombok