Jamaah haji kloter tiga asal NTB tiba di Lombok

id Haji

Jamaah haji kloter tiga asal NTB tiba di Lombok

Jamaah haji saat tiba di Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (4/8/2022) ANTARA/HO-Humas Bandara Lombok

Praya, NTB (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok menyatakan, jamaah haji kloter tiga asal Provinsi Nusa Tenggara Barat telah tiba di Tanah Air dari Mekkah, Arab Saudi.

"Jamaah haji kloter tiga yang tiba hari ini berasal dari Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara dan Dompu," kata Humas PT Angkasa Pura Bandara Lombok, Arif Haryanto di Praya, Kamis

Ia mengatakan, berdasarkan data sementara, total jamaah haji asal NTB yang telah pulang sebanyak 1.167 orang dari total 2.064 orang yang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah 2022.

"Dari enam kloter, baru tiga kloter yang telah tiba di Lombok," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 389 orang haji kloter pertama NTB tiba di Bandara Lombok, Senin (1/8) pukul 07.59 Wita. Selanjutnya, pada hari Rabu sebanyak 389 orang kloter dua asal Kabupaten Sumbawa tiba di Bandara Lombok, pukul 01.12 Wita.

"Para jamaah haji dipulangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777-300ER," katanya.

Ia mengatakan, setelah turun dari pesawat, jamaah haji melanjutkan perjalanan menuju Asrama Haji Lombok di Mataram menggunakan Bus Damri.

Para jamaah selanjutnya akan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut di Asrama Haji Lombok. Pemeriksaan ini dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Mataram, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, serta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Mataram.

“Alhamdulillah jamaah haji kloter pertama dan kedua serta ketiga telah tiba di Bandara Lombok. Debarkasi haji dijadwalkan akan berlangsung hingga Senin (8/8) dengan total 2.064 orang yang terbagi dalam 6 kloter," katanya.

Ia mengatakan, untuk jamaah haji kloter empat dipulangkan tanggal 5 Agustus dan tiba pukul 15.40 Wita, serta untuk jamaah haji kloter lima dipulangkan tanggal 6 Agustus dan tiba pukul 23.05 Wita.

Sedangkan untuk jamaah haji kloter enam atau campuran dipulangkan tanggal 8 Agustus dan tiba di Bandara Lombok pukul 08.40 Wita.

"PT Angkasa Pura I siap mendukung operasional penerbangan kepulangan jamaah haji ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.