PENELITI LEMHANNAS BERTUKAR INFORMASI DENGAN PEMKOT MATARAM

id

     Mataram, 7/3 (ANTARA) - Sebanyak 15 anggota tim peneliti Lembaga Ketahanan Nasional melakukan kunjungan kerja ke Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, untuk bertukar informasi dengan pemerintah setempat.

     Rombongan tim peneliti dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) diterima oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mataram H Lalu Junaidi, di Mataram, Rabu.

     Acara penerimaan kunjungan kerja tim peneliti Lemhanas tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat dari unsur TNI dan Polri serta dari Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Mataram.

     Ketua rombongan tim peneliti Lemhanas yang juga menjabat sebagai Direktur Ideologi dan Kewaspadaan Nasional, Laksamana Pertama TNI Djoko Prapto Harsono mengatakan, kegiatan kunjungan kerja ke Kota Mataram bertujuan untuk menyerap dan bertukar informasi.

     "Tujuan lainnya adalah untuk memotret serta melakukan pendataan terhadap data-data faktual dan kondisi pemahaman tentang seputar nilai-nilai kebangsaan," ujarnya.

     Hal itu, kata dia, sesuai dengan empat pilar berbangsa yang meliputi, ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia (RI) tahun 1945, Negara Kesatuan RI, dan Bhineka Tunggal Ika.

     "Dengan bertatap muka seperti ini, berbagai ide serta gagasan yang kita dapatkan lebih akurat dan bisa menjadi catatan penting serta menjadi pembahasan di tingkat pemerintah pusat," katanya.

     Kepala  Bakesbangpol Kota Mataram H Lalu Junaidi, memberikan apresiasi terhadap tim peneliti Lemhanas yang telah memilih Kota Mataram sebagai tujuan penelitian.

     Menurut dia, dengan dialog terkait nilai-nilai kebangsaan ini, akan semakin menambah wawasan kebangsaan.

     "Kami siap  memfasilitasi berbagai data yang dibutuhkan sebagai acuan penelitian," katanya. (*)