Ketua OIAA Indonesia sepakat kolaborasi bersama Ganjar

id TGB,Zainul Majdi,Ganjar Pranowo

Ketua OIAA Indonesia sepakat kolaborasi bersama Ganjar

Mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) H Muhammad Zainul Majdi (kanan), bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Puri Gedeh, Semarang. (ANTARA/HO-Rian)

Mataram (ANTARA) - Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) H Muhammad Zainul Majdi mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sepakat berkolaborasi membangun bangsa.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Jumat, TGB menegaskan kesepakatan itu hasil dari diskusi yang menghasilkan kesepahaman perihal dinamika berbangsa dan bernegara.

"Kami belum bicara soal dukung mendukung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 2024," kata TGB yang juga mantan Gubernur NTB dua periode itu.

Menurut dia, Ganjar Pranowo berkomitmen untuk menjadikan perbedaan yang ada tidak dipertajam sebagai alat kepentingan politik. Tapi menjadikan perbedaan di Indonesia menjadi modal sosial untuk kekuatan bangsa. "Bukan menjadi sesuatu yang dipertentangkan dan dihadapkan satu dengan yang lain, tetapi menjadi satu modal untuk berkolaborasi," ujarnya.

Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo itu menilai sosok Ganjar Pranowo merupakan figur yang punya komitmen kebangsaan kuat. Sikap yang selama ini ditunjukkan Gubernur Jawa Tengah itu, menurut TGB, menjadi ruh yang menjaga kebinekaan Indonesia dari friksi hingga konflik.

"Pak Ganjar orang baik, komitmen, dan salah satu yang menonjol adalah beliau punya komitmen sangat kuat terhadap keberagaman, nilai-nilai fundamental, dan menjaga kita sebagai suatu bangsa," ucap Ketua Umum PB Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) itu.

Sementara itu, pengamat politik sekaligus Pendiri Lembaga KedaiKOPI Hendri Satrio mengatakan pertemuan antara TGB H Muhammad Zainul Majdi, dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan langkah yang baik.

Baca juga: Ganjar: kader PDIP harus siap untuk jadi capres
Baca juga: Relawan Ganjar Pranowo sosialisasikan program SDM


Pria yang akrab disapa Hensat ini menilai bahwa Cucu Pahlawan Nasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid itu mengatakan istimewa dan mudah diterima  semua tokoh. Oleh sebab itu, ia memprediks, TGB akan terus menemui banyak tokoh nasional. Setelah bertemu Ganjar Pranowo, tidak menutup kemungkinan akan bertemu Anies Baswedan, dan Puan Maharani.

"Komitmen TGB terhadap Indonesia dan kebangsaan sudah teruji. Saya yakin nanti akan bertemu dengan banyak tokoh yang dibicarakan publik," ucapnya.