POSINDO MATARAM GELAR LOMBA MENULIS HUT NTB

id

     Mataram, (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Persero) wilayah Mataram menggelar lomba menulis tingkat pelajar dalam rangkaian kegiatan memperingati hari ulang tahun ke-54 Provinsi Nusa Tenggara Barat pada 17 Desember 2012.
     Kepala Kantor Pos Indonesia (Posindo) wilayah Mataram Jaka Sunara, di Mataram, mengatakan lomba menulis tersebut bertujuan memperkenalkan secara luas peran PT Posindo kepada para pelajar.
     "Keberadaaan PT Posindo jangan hanya diketahui melalui cerita orang tua. Tetapi para pelajar dan mahasiswa bisa mengenal langsung peran kami. Kegiatan ini juga salah satu strategi dalam mengembangkan usaha perusahaan," katanya.
     Tujuan lainnya, kata dia, memberikan kesempatan kepada para pelajar menyampaikan harapannya secara tertulis kepada gubernur tentang banyak hal terutama terhadap perencanaan dan pelaksanaan program pemerintah.
     Selain itu, membuka ruang komunikasi bagi pelajar khususnya tokoh publik dalam hal ini gubernur.
     Program yang bertajuk "Surat kepada bapak gubernur" dengan tema "Andai aku jadi gubernur" tersebut juga bertujuan mencerdaskan kehidupan berbangsa dalam hal merangsang kembali budaya menulis.
     Lomba menulis ini juga menjadi salah satu upaya mendukung Program Absano atau buta aksara menuju nol yang akan berdampak terhadap peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Provinsi NTB.
     Menurut Jaka, lomba menulis tersebut akan menjadi hadiah istimewa kepada Gubernur NTB pada hari ulang tahun (HUT) Provinsi NTB 17 Desember 2012, karena akan mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), untuk kategori penulisan manual dengan jumlah terbesar dari para siswa kepada gubernur yang dikirim melalui kantor pos.
     "Untuk mencapai rekor MURI, jumlah surat yang harus dicapai sebanyak 173 ribu lembar atau sebesar 20 persen dari jumlah siswa di NTB. Penetapan target sebesar itu merupakan jumlah yang cukup layak untuk didaftarkan di MURI," ujarnya.
     Ia mengatakan, pihaknya menyediakan hadiah jutaan rupiah bagi masing-masing pemenang mulai dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA).
     Juara I kategori SD/MI sebesar Rp2,5 juta, juara II Rp2 juta dan juara III Rp1,5 juta. Masing-masing juara juga memperoleh trofi dan piagam.
     Untuk juara I kategori SMP/MTs memperoleh hadiah sebesar Rp3 juta, juara II Rp2,5 juta dan juara III Rp2 juta. Masing-masing juara juga memperoleh trfpi dan piagam.
     Sementara juara Iatu kategori SMA/SMK memperoleh hadiah sebesar Rp3,5 juta, juara II Rp3 juta dan juara III Rp2,5 juta. Masing-masing juara juga memperoleh trofi dan piagam.
     "Kami juga memberikan hadiah kepada tiga sekolah dengan peserta terbanyak. Hadiahnya berupa satu unit LCD projector dan uang pembinaan Rp5 juta," ujarnya.
     Pengiriman surat melalui kantor pos terdekat dengan layanan Pos Express. Surat dari para peserta lomba diterima oleh panitia paling lambat 12 Desember 2012.
     Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah dilaksanakan pada perayaan HUT ke-54 NTB pada 17 Desember 2012 oleh Gubernur NTB H M Zainul Majdi.

(ANT)